Antisipasi Corona BPKPD Terapkan Formasi Social Distancing

Rabu, 18 Maret 2020 14:53 D. Farhan Kamil Daerah

Antisipasi Corona BPKPD Terapkan Formasi Social Distancing


Koropak.co.id - Ada yang tidak biasa yang dilakukan jajaran staf dan karyawan di lingkungan Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Tasikmalaya. Dalam pelaksanaan apel pagi terlihat jaga jarak antara satu peserta dengan peserta apel lainnya, Rabu (18/3/2020).

Tidak adanya instruksi Bupati Tasikmalaya terkait diliburkannya ASN sebagaimana di beberapa pemerintah daerah tetangga, mendorong ASN di lingkungan Kabupaten Tasikmalaya tetap beraktivitas di kantor seperti biasa.

Apel yang digelar di halaman depan kantor BPKPD tersebut, dipimpin langsung Kepala BPKPD, Rahayu Jamiat dengan tema konsolidasi pelayanan.

"Di tengah-tengah pandemi Covid-19, kami tetap melaksanakan apel pagi seperti biasa. Hanya saja formasi peserta apel berbeda dari hari-hari sebelumnya. Kami memposisikan jarak 1,5 meter antara peserta dengan kata lain menjaga jarak untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19," kata Sekeretaris BPKPD, Dr. Rubi Azhara.

Menurutnya, di tengah-tengah mewabahnya virus corona, bahwa ASN mengutamakan keselamatan dan kesehatan pribadi, lingkungan dan masyarakat, merupakan prinsip yang tetap diutamakan.

 

Baca : DPD PPNI Kabupaten Tasikmalaya Sambangi Panti Jompo Singaparna

 

Namun demikian bahwa keberlangsungan pelayanan dan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) juga tetap dijaga. "Dalam apel pagi ini, pimpinan mengimbau agar teman-teman ASN yang sedang dalam kondisi tidak sehat, untuk memeriksakan diri dan memilih istirahat di rumah atau rumah sakit. Dan bagi teman-teman yang sehat, tetap fokus bekerja dalam rangka pelayanan seperti biasa, sambil menunggu perkembangan lebih lanjut," ujarnya.

Di samping itu juga, seluruh ASN di lingkungan BPKPD sebagai SKPD penunjang, diimbau untuk melaksanakan gerakan masyarakat antara lain mencuci tangan, makan buah dan sayur, olahraga, tidur yang cukup, hindari stres. Hindari memegang pintu, tangga dan benda lain yang tidak perlu.

Kemudian menjaga jarak minimal 1 meter saat berkomunikasi tanpa mengurangi rasa hormat dan sopan santun. Bagi yang sakit ringan, flu atau batuk harap menggunakan masker ketika berinteraksi di dalam ruangan.

Termasuk kepada petugas cleaning service (kebersihan) diimbau melaksanakan kebersihan rutin dan menyediakan sanitizer.

"Prinsipnya dalam berkerja melayani. Tidak perlu panik namun tetap waspada. Dengan tetap ikhtiar menjaga kesehatan dan mematuhi protokol pencegahan yang telah ditetapkan, seraya tetap memperbanyak berdoa. Insyaallaah terhindar dari virus Corona," terang Rubi.*

 

Baca pula : Tiga Orang Warga Kabupaten Tasikmalaya Dalam Pemantauan Tim Kesehatan


Berita Terkait