Sterilisasi, Wujud Keseriusan Pemkot Tasikmalaya Tangani Virus Corona

Rabu, 18 Maret 2020 21:32 Eris Kuswara Daerah

Sterilisasi, Wujud Keseriusan Pemkot Tasikmalaya Tangani Virus Corona

 

Koropak.co.id - Walikota Tasikmalaya, Drs H Budi Budiman menghadiri kegiatan penyemprotan antiseptik dan desinfektan yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dan PMI Kota Tasikmalaya di Masjid Agung Kota Tasikmalaya, Rabu (18/3/2020).

Kepada Koropak, Walikota mengatakan penyemprotan antiseptik dan desinfektan merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Kota Tasikmalaya dalam penanggulangan wabah virus corona atau Covid-19. Dikarenakan sudah ada payung hukum, maka pemerintah juga akan memberikan anggaran dari Dana Tanggap Darurat termasuk juga dari dana-dana pusat baik Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Insentif Daerah (DID) untuk penanganan virus corona.

"Anggaran DAK dan DID khususnya yang ada di Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit jelas akan kita serap lebih optimal lagi. Khusus untuk Dana Tanggap Darurat, kami akan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Jadi kami melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) akan menyusun semua usulan untuk alokasi berbagai kebutuhan dalam rangka sosialisasi tanggap darurat Corona di Kota Tasikmalaya," kata Walikota.

 

Koropak.co.id - Sterilisasi, Wujud Keseriusan Pemkot Tasikmalaya Tangani Virus Corona (2)

 

Baca : Bijak Menyikapi Fenomena Corona, Dekatkan Diri Dengan Sang Pencipta

Ditambahkan Walikota, setelah 14 hari, pemerintah juga tentunya akan melakukan evaluasi apa saja perubahan yang terjadi. Oleh karena itu diharapkan surat edaran tersebut benar-benar dipahami oleh masyarakat Kota Tasikmalaya. Bahkan fasilitas-fasilitas publik yang bisa mendatangkan banyak massa pun sementara waktu ditutup sebagai antisipasi penyebaran virus.

"Termasuk juga menanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kami berharap masyarakat bisa memahaminya karena PHBS jadi kunci melawan Corona. Kami pun melakukan pembersihan seperti sekarang penyemprotan ke berbagai fasilitas umum, instansi, tempat ibadah dan lainnya adalah untuk meminimalisasi Corona. Nah kami harapkan masyarakat dapat menerapkan PHBS di rumahnya," ucapnya.*

 

Baca pula : Pasukan Hijau Sterilisasi Masjid Agung Kota Tasikmalaya