Tetap Bijak Dalam Pola Konsumsi, Stok Bahan Pokok di Kota Tasikmalaya Aman!

Kamis, 19 Maret 2020 19:42 Clara Aditia Parlemen

Tetap Bijak Dalam Pola Konsumsi, Stok Bahan Pokok di Kota Tasikmalaya Aman!


Koropak.co.id - Ketua Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya, Andi Warsandi menilai masyarakat mesti tetap tenang dan tidak terbawa panik oleh bermacam isu yang terjadi dalam fenomena virus corona yang memprihatinkan ini. Masyarakat diharap tidak melakukan panic buying dengan belanja berlebih yang justru akan memicu kenaikan harga bahan pokok.

Demikian disampaikan Andi kepada Koropak selepas Rapat Kerja bersama Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Koperasi, UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Tasikmalaya, di Ruang Rapat Kerja I, DPRD Kota Tasikmalaya, Kamis (19/3/2020).

"Masyarakat jangan panik, jangan belanja sampai melakukan stok sendiri. Kita pastikan ketersediaan bahan pokok aman terkendali. Stok beras aman hingga enam bulan ke depan, dan stok komoditas pangan lain aman hingga tiga bulan ke depan," kata Andi yang juga merupakan Ketua Fraksi gerindra DPRD Kota Tasikmalaya itu.

Komisi II, kata Andi, sudah mengantongi data stok kebutuhan pokok dengan berkoordinasi bersama dinas terkait, termasuk Bulog. Dari data yang dilaporkan, menunjukan bahwa untuk beberapa bulan ke depan stok bahan pokok aman.

"Koordinasi ini kami lakukan guna memberikan jaminan bagi masyarakat akan ketersediaan dan distribusi bahan pokok. Hal yang perlu dilakukan masyarakat adalah tetap tenang, dan berbelanja dengan sewajarnya, sesuai kebutuhan karena toh stoknya sudah kita pastikan aman kok," katanya.

Andi menjelaskan memang sempat ada komoditas yang harganya naik seperti telur. Padahal kapasitas produksi lokal dan pasokan dari daerah lain untuk telur masih bagus.

"Akan kita cari apa yang terjadi, karena kami menilai dari sisi kebutuhan sudah terpenuhi, walaupun produksi lokal hanya 35 persen dan pasokan 65 persen, namun sudah berhasil mencukupi kebutuhan konsumsi Kota Tasikmalaya akan telur yang mencapai 14 ton per hari," katanya.

 

Koropak.co.id - Tetap Bijak Dalam Pola Konsumsi, Stok Bahan Pokok di Kota Tasikmalaya Aman! (2)

 

Baca : Jangan Cemas! Harga Bahan Pokok di Pasar Cikurubuk Masih Stabil

 

Dewan, ujar Andi, juga memberikan catatan bagi pemerintah, bahwa kelancaran distribusi pangan, ketersediaan pasokan dan stabilitasi harga pangan harus jadi perhatian Pemkot Tasikmalaya. Ditambahkan Andi, sebetulnya fenomena Corona yang merambah ke berbagai sektor ini mesti dimanfaatkan dengan baik, untuk memaksimalkan produksi lokal untuk pemenuhan kebutuhan di Kota Tasikmalaya.

"Untuk pemenuhan komoditas, selama ini kan kita banyak bergantung ke daerah lain. Ke depan sebisa mungkin harus dikurangi agar tidak menjadi ketergantungan. Caranya dengan memanfaatkan momentum darurat Corona ini untuk menggenjot petani lokal. Toh potensi kita sangat besar, lahan kita masih terbuka luas, tinggal bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin," katanya.

Andi berpesan, masyarakat jangan lakukan panic buying. Lebih baik uang belanja untuk panic buying dialokasikan untuk membantu sesama yang membutuhkan.

"Kini saatnya kita perbesar rasa empati, meningkatkan kepedulian, dan lebih banyak berkontribusi untuk negara tercinta," katanya.*