Stok Terjamin Hingga Juni 2020, Masyarakat Diimbau Jangan Belanja Berlebihan

Jum'at, 20 Maret 2020 20:53 Clara Aditia Parlemen

Stok Terjamin Hingga Juni 2020, Masyarakat Diimbau Jangan Belanja Berlebihan


Koropak.co.id - Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya dari Fraksi Gerindra, H. Murjani, SE.,MM menuturkan dalam Rapat Kerja Komisi II bersama Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Koperasi, UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Tasikmalaya, di Ruang Rapat Kerja I, Kamis (19/3/2020) Komisi II mendapatkan informasi dari masing-masing OPD terkait kondisi terkini bahan pokok di Kota Tasikmalaya.

"Semua sudah dapat dipastikan bahwa stok aman hingga Juni 2020. Ini merupakan sebuah kabar baik dan menjadi informasi penting dengan imbauan agar masyarakat tidak melakukan belanja kebutuhan bahan pokok berlebihan apalagi sampai melakukan stok sendiri," katanya, saat dikonfirmasi Koropak Jumat (20/3/2020).

Murjani pun mengharapkan OPD terkait bisa menciptakan skenario tiga kondisi sebagai persiapan jika kondisi-kondisi yang tidak diinginkan, akhirnya terjadi.

"Kami harapkan OPD bisa menyiapkan Contingency Plan Kota Tasikmalaya. Memang saat ini kita masih ada dalam kondisi normal. Namun kita harus menyiapkan skenario lain jika terjadi kondisi yang tidak diinginkan. Dalam Contingency Plan ini, saya mengisyaratkan hijau jalan terus, kuning Kejadian Luar Biasa (KLB), dan merah artinya lockdown," katanya.

Jika kondisi normal, kata Murjani, stok bahan pokok masih bisa dapat pasokan dari berbagai daerah. Lantas, bagaimana mengantisipasi jika KLB atau sampai lockdown yang sama sekali tidak bisa mendapat akses pasokan dari daerah lain? Oleh sebab itu Contingency Plan perlu disiapkan sejak dini.

"Jadi tatkala terjadi, ya kita tidak bingung lagi karena sudah menyiapkan skenario-skenarionya. Hari ini, stok kebutuhan bahan pokok sangat cukup, tidak ada kekurangan sama sekali. Apalagi, dalam data yang saya dapat, sepanjang Maret, April, dan Mei akan ada beberapa panen besar di Kota Tasikmalaya," katanya.

  

Koropak.co.id - Stok Terjamin Hingga Juni 2020, Masyarakat Diimbau Jangan Belanja Berlebihan (2)

 

Baca : Tetap Bijak Dalam Pola Konsumsi, Stok Bahan Pokok di Kota Tasikmalaya Aman!

 

Dikatakan Murjani, data panen tersebut memberikan kepastian bahwa sebetulnya petani lokal Kota Tasikmalaya bisa tumbuh, bisa memenuhi kebutuhan komoditas di Kota Tasikmalaya, dengan catatan produktivitas dan kualitas produknya ditingkatkan.

"Langkah lainnya, menyiapkan petani lokal kita untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produknya supaya bisa memenuhi kebutuhan komoditas di Kota Tasikmalaya. Seharusnya petani kita mesti bisa memanfaatkan momentum penutupan import akibat fenomena corona. Momentum ini jadi peluang untuk petani lokal tumbuh. Giat bekerja keras, genjot produktivitas, tanam buah dan sayur penuhi stok komoditas di Kota Tasikmalaya," katanya.*

 

Baca pula : Panik Fenomena Corona Pengaruhi Nilai Tukar Rupiah