Di Tengah Pandemi Covid-19, KPU Tetap Lakukan Tahapan Pilkada 2020

Jum'at, 20 Maret 2020 22:37 D. Farhan Kamil Pilkada

Di Tengah Pandemi Covid-19, KPU Tetap Lakukan Tahapan Pilkada 2020

 

Koropak.co.id - Di tengah mewabahnya virus corona, KPU Kabupaten Tasikmalaya memastikan tahapan Pilkada serentak 2020, tetap berjalan. Meskipun beberapa item dalam tahapan tersebut disiasati dalam bentuk lain namun dalam tema yang sama.

Seperti sosialisasi tatap muka yang melibatkan banyak peserta melebihi 50 orang untuk sementara ditiadakan dan diganti menjadi pertemuan terbatas bahkan menggunakan pendekatan teknologi seperti teleconference. Hal itu sesuai edaran KPU RI dalam rangka antisipasi wabah Covid-19.

"Kami pastikan seluruh tahapan Pilkada Kabupaten Tasikmalaya tetap berjalan. Sesuai edaran KPU RI ada beberapa tahapan sosialisasi yang disiasati untuk mengantisipasi wabah Covid-19. Kegiatan tatap muka diminimalisir dan tidak lebih dari 50 orang," kata Ketua KPU Kabr Zamzam Zamaludin, seusai rapat koordinasi dengan dengan Desk Pilkada Kabupaten Tasikmalaya, Satpol PP, Kejaksaan, TNI, Polri dan Kesbangpol, Jumat (20/3/2020).

Ia pun meyakinkan bahwa pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Tasikmalaya, sesuai jadawal yakni 23 September 2020. "Kami sudah instruksikan kepada Ad Hoc penyelenggara untuk menyesuaikan diri dengan instruksi KPU dan kami mengimbau agar seluruh penyelenggara tetap waspada," ujarnya.

 

 

Koropak.co.id - Di Tengah Pandemi Covid-19, KPU Tetap Lakukan Tahapan Pilkada 2020 1

 

Baca : Di Indonesia Hanya di Salawu Tasikmalaya Ada Kampung Demokrasi


Sementara itu, Sekretaris Desk Pilkada Kabupaten Tasikmalaya Heri Suherman mengatakan, pihaknya mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh KPU RI yakni tidak adanya pembatalan atau penundaan tahapan Pilkada.

Desk Pilkada kata Heri, tetap siap untuk memberikan pendampingan dalam hal ini petugas dari Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk jika diperlukan dalam setiap kegiatan KPU di tengah-tengah pandemi corona.

"Kita sudah sampaikan kepada Kepala Dinas Kesehatan, kalau diperlukan misalnya soal pengatur suhu tubuh atau lainnya tentu kita akan dukung," kata Heri.*

 

Baca pula : Satgas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Perkuat Pencegahan