Kominfo RI Umumkan Akun Chatbot Virus Corona Resmi Pemerintah

Sabtu, 21 Maret 2020 13:54 Eris Kuswara Nasional

Kominfo RI Umumkan Akun Chatbot Virus Corona Resmi Pemerintah


Koropak.co.id - Guna memberikan informasi seluas-seluasnya dengan tingkat akurasi dengan kepercayaan 100 persen, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI secara resmi mengumumkan akun chatbot virus Corona COVID-19.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koropak, Sabtu (21/3/2020) Dirjen PPI Kementerian Kominfo, Ahmad M. Ramli menuturkan chatbot tersebut akan terus meng-update informasi mengenai virus corona di Indonesia seperti salah satunya jumlah pasien yang terinfeksi virus corona.

Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin mencari informasi seputar virus corona, maka dapat memanfaatkan akun chatbot WhatsApp ini dengan mengakses situs COVID-19 yang sudah disediakan oleh pemerintah.

Cara memanfaatkannya pun hampir sama halnya seperti menambah akun kontak WhatsApp yaitu dengan memasukkan nomor +6281133399000 di smartphone-mu. Setelah disimpan, secara otomatis akun chatbot WhatsApp tersebut akan tertera nama covid19.go.id yang di sampingnya sudah diberi tanda centang berwarna hijau sebagai tanda bahwa akun ini telah terverifikasi.

 

Baca : Indonesia Negara Tertinggi di Asia Dengan Kematian Akibat Corona

Baca : Sederet Android dan iPhone yang Tidak Bisa Gunakan Whatsapp

Agar masyarakat mendapatkan informasi dari akun chatbot tersebut, pertama yang harus dilakukan adalah menyapa akun tersebut. Sehingga nantinya akan muncul pemberitahuan "Untuk saat ini, chatbot WhatsApp COVID-19 pemerintah hanya akan memberikan informasi berdasarkan opsi pertanyaan yang telah dipilih, mulai dari Kabar COVID-19 terkini di Indonesia, hingga Rumah Sakit Rujukan COVID-19".

Dengan mengetik A, B, C, D, E, F, atau G terkait informasi yang ingin diketahui, maka chatbot ini akan langsung membalasnya dengan jawabannya yang standar. Diketahui, akun ini sendiri dirancang dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intellgence (AI) atau kecerdasan buatan.

Sementara itu, untuk informasi yang diberikan chatbot WhatsApp pemerintah ini yang diluncurkan sejak Kamis (19/3/2020) ini disediakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan. Setiap opsi yang telah dipilih, maka di akhir kalimat juga kita akan selalu diberi opsi kembali mengenai apakah ingin mencari informasi lainnya dengan cara mengetik "menu" atau mengakhiri obrolan dengan mengetik "selesai".*

 

Baca pula : Hindari Penyebaran Corona, Taruna Poltekpel Banten Pesiar