Presiden Jokowi Pesan Jutaan Obat Untuk Pasien Corona

Sabtu, 21 Maret 2020 14:10 Eris Kuswara Nasional

Presiden Jokowi Pesan Jutaan Obat Untuk Pasien Corona


Koropak.co.id - Meskipun hingga kini belum ada antivirus yang bisa menyembuhkan penyakit wabah virus corona atau COVID-19, namun Presiden RI, Ir. Joko Widodo dikabarkan sudah memesan jutaan obat avigan dan klorokuin yang bisa membantu kesembuhan dari pasien yang positif Covid-19 tersebut.

"Sampai sekararang antivirus dari COVID-19 belum ditemukan, akan tetapi ada beberapa obat yang bisa dicoba di 1 hingga 3 negara yang bahkan mampu memberi kesembuhan bagi pasien," kata Jokowi sebagaimana dihimpun Koropak, Sabtu (21/3/2020).

Dikatakan Jokowi, sebanyak 2 juta obat avigan sudah dipesan dan akan dicoba untuk menyembuhkan pasien positif Corona. Kemudian untuk obat klorokuin, pemerintah memesan sebanyak 3 juta.

"Kami sampaikan bahwa kami tidak diam dan sudah melakukan tindakan cepat dengan memesan kedua obat tersebut," ucapnya.

 

Baca : Indonesia Negara Tertinggi di Asia Dengan Kematian Akibat Corona

Jokowi menuturkan, pemerintah juga terus berupaya dengan berbagai cara, salah satunya dengan mulai melakukan rapid test di sejumlah wilayah yang diketahui terdapat kontak dengan pasien positif virus corona dan daerah dengan positif kasus tertinggi. Rapid test juga disebutkan akan dilakukan dari rumah ke rumah.

"Mengenai rapid test, sudah dilakukan mulai Jumat (20/3/2020) sore, di wilayah yang sudah diketahui ada kontak tracking dari pasien-pasien positif. Dalam rapid test ini kami mendatangi rumah ke rumah untuk memeriksa setiap anggota keluarga. Namun rapid test ini dilakukan berdasarkan skala prioritas, dan saat ini kami memprioritaskan terlebih dahulu wilayah yang menunjukkan indikasi paling rawan," ujarnya.*

 

Baca pula : Percepatan Penanganan Virud Corona Berbasis Komunitas