Untuk Kota Tasikmalaya, Stok Beras di Bulog Capai 4.000 Ton

Sabtu, 21 Maret 2020 18:48 Clara Aditia Parlemen

Untuk Kota Tasikmalaya, Stok Beras di Bulog Capai 4.000 Ton


Koropak.co.id - Hasil Rapat Kerja Komisi II bersama Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Koperasi, UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Tasikmalaya, di Ruang Rapat Kerja I, Kamis (19/3/2020), diketahui bahwa stok bahan pokok sangat terjamin bahkan hingga enam bulan ke depan.

Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya, Ir. Tjahja Wandawa menuturkan dengan ketersediaan stok yang memadai, masyarakat diimbau tidak memborong komoditas secara berlebihan. Masyarakat mesti lebih bijak dalam berbelanja.

"Untuk Kota Tasikmalaya tidak usah kahwatir, tidak usah panik. Cadangan bahan pangan aman untuk 3 bulan ke depan, dan beras aman sampai 6 bulan ke depan," katanya.

Terlebih, ucap Tjahja, pada April dan Mei 2020 akan ada panen raya di Kota Tasikmalaya yang kian dapat dipastikan stok bahan pokok tercukupi.

"Nah, yang kami harapkan pola hidup masyarakat bisa menerapkan pola belanja secukupnya sesuai kebutuhan. Tidak belanja berlebihan meskipun dengan alasan untuk stok di rumah. Belanja saja secukupnya saja, tidak usah sampai menimbun di rumah. Perilaku belanja berlebih akan membuat stok kebutuhan pokok tersebut cepat habis sehingga bisa menimbulkan ketimpangan antara kebutuhan dan ketersediaan komoditas di pasar yang pada akhirnya memicu gejolak harga komoditas," katanya.

Dewan, ucap Tjahja, sudah berkoordinasi dengan Pemkot Tasikmalaya untuk menyiapkan langkah dan kebijakan strategis ke depan agar masyarakat dapat terlayani dengan baik.

"Jadi yang harus dilakukan masyarakat tetaplah tenang, tidak panik terbawa kondisi dan fenomena yang terjadi saat ini," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Untuk Kota Tasikmalaya, Stok Beras di Bulog Capai 4.000 Ton (2)

 

Baca : Stok Terjamin Hingga Juni 2020, Masyarakat Diimbau Jangan Belanja Berlebihan

 

Kepala Seksi Komersil Perum Bulog Sub Divre Ciamis, Danang Wicaksono menuturkan stok beras di Bulog, khususnya untuk di Kota Tasikmalaya mencapai 4.000 ton dan gabah 550 ton yang disimpan di Gudang Bulog Linggajaya Mangkubumi.

"Jika dalam kondisi normal, stok cukup hingga 6 bulan ke depan karena beras ini memang khusus dialokasikan untuk Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga atau KPSH," katanya.

Ditanya soal kesiapan operasi pasar, Danang menyatakan Bulog sangat siap bila harus diadakan operasi pasar bilamana suatu saat terjadi lonjakan harga komoditas di pasar.

"Saat ini, kita juga sedang melaksanakan operasi pasar. Kita menjual beras Rp 8.100 per kilogram dan beras bisa diambil di gudang," katanya.*

 

Baca pula : Tetap Bijak Dalam Pola Komsumsi, Stok Bahan Pokok di Kota Tasikmalaya Aman