Keliling Kota, Walikota Tasikmalaya Ajak Masyarakat Serius Sikapi Corona

Minggu, 22 Maret 2020 16:42 Eris Kuswara Daerah

Keliling Kota, Walikota Tasikmalaya Ajak Masyarakat Serius Sikapi Corona

 

Koropak.co.id - Sebagai langkah antisipasi penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) yang tengah menjadi pandemi saat ini, Walikota Tasikmalaya, Drs H Budi Budiman memimpin langsung kegiatan Mobile Communication Media Informasi Corona Covid-19 dengan start di Balekota Tasikmalaya, Minggu (22/3/2020).

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk keseriusan dari Pemerintah Kota Tasikmalaya dalam melakukan pencegahan penularan virus corona di Kota Tasikmalaya.
Sebelum melakukan informasi keliling, Walikota Tasikmalaya beserta rombongan terlebih dahulu menuju ATCS Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya untuk membacakan Surat Edaran Nomor 400/SE.921-Dinkes/2020 tentang peningkatan kewaspadaan terhadap resiko infeksi Covid 19.

Rombongan pun mulai berkeliling di wilayah Kota Tasikmalaya dengan menempuh rute Jalan Ir H Juanda ke Pasar Induk Cikurubuk kemudian menuju Jalan SL Tobing hingga sampai finish di Jalan Otto Iskandardinata dan Taman Kota.

Walikota Tasikmalaya, Drs H Budi Budiman mengatakan, bersama dengan unsur Muspida, Pemerintah Kota Tasikmalaya terjun langsung ke jalan dengan memberikan imbauan kepada masyarakat sebagai bukti keseriusan dari pemerintah daerah dalam upaya pencegahan dan meminimalisir penyebaran wabah virus corona di Kota Tasikmalaya.

"Terkait Alat Pelindung Diri (APD), kami sudah memiliki sekitar 40 APD yang ada di rumah sakit. Kami juga sudah mengistruksikan kepada Dinas Kesehatan untuk berbelanja berbagai kebutuhan alat kesehatan yang dibutuhkan dalam penanganan Corona dengan dana dari Dana Tanggap Darurat baik yang ada di BPBD untuk membeli berbagai kebutuhan sepeti handsanitizer dan cairan disinfektan," kata Walikota.

Untuk Dana Tanggap Darurat, kata Walikota, sudah disiapkan dana sebesar Rp 1 Milyar, bahkan Pemkot Tasikmalaya juga melakukan pergeseran dengan mengalokasikan Rp 14 Milyar berasal dari APBD, DID dan DAK Dinas Kesehatan untuk kepentingan situasi darurat saat ini.

"Termasuk nanti juga mengenai Rapid Test yang saat ini masih belum didapatkan," ucapnya.

 

Baca : Hoax, Kabar Pasar Cikurubuk Tasikmalaya Ditutup Sementara Cegah Corona

 

 

Koropak.co.id - Keliling Kota, Walikota Tasikmalaya Ajak Masyarakat Serius Sikapi Corona (2)

 

Baca : Walikota Inginkan Ruang Isolasi Untuk Tangani Pasien Corona

Walikota menuturkan, mengenai ruang isolasi, saat ini pemerintah juga sudah bekerjasama dengan Rumah Sakit Islam Siti Muniroh yang sudah mempersiapkan sebanyak 16 ruang isolasi baru. Termasuk juga berkerjasama dengan salah satu hotel di Kota Tasikmalaya yang sudah mempersiapkan 50 ruangan untuk dijadikan ruang isolasi jika nanti harus mendapatkan kondisi yang terburuk.

"Kita berdoa saja semoga hal buruk tidak terjadi, namun segalanya harus dipersiapkan apabila kita benar-benar akan menghadapi situasi yang terburuk. Ini sebagai bentuk upaya kami dengan sudah menyampaikan surat edaran, membentuk tim gugus tugas dan satuan komando dengan melibatkan seluruh elemen untuk meminimalisasi penyebaran virus," ujarnya.

Walikota pun menyayangkan atas sikap masyarakat yang masih banyak yang menganggap bahwa wabah ini sebagai hal sepele, sehingga membuat pemerintah turun langsung untuk menyadarkan masyarakat bahwa Corona bukanlah untuk disepelekan.

"Kami meminta masyarakat untuk menyikapi dengan serius masalah ini karena ini bukan masalah yang main-main. Karena ini juga sudah menjadi tanggung jawab bersama sehingga masyarakat diharapkan bisa sadar bahaya dari virus corona. Sebab, saat ini Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kota Tasikmalaya juga sudah naik menjadi 62 orang," katanya.*

 

Baca pula : Dalam 24 Jam, Sebaran Corona Di Kota Tasikmalaya Melonjak Dua Kali Lipat

 


Berita Terkait