Banyak Calon PPS Kabupaten Tasikmalaya Terlibat Kepengurusan Partai Politik

Minggu, 22 Maret 2020 22:23 D. Farhan Kamil Pilkada

Banyak Calon PPS Kabupaten Tasikmalaya Terlibat Kepengurusan Partai Politik

 

Koropak.co.id - Dalam tahapan seleksi anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebagai badan Ad Hoc KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tasikmalaya, menemukan tiga indikasi yang dinilai menyalahi aturan dan perundang-undangan pemilu.

Yang pertama, pihak Bawaslu menemukan calon PPS yang terlibat dalam partai politik (parpol). Yang kedua adalah adanya satu pasangan calon PPS yang mempunyai ikatan suami istri dan terakhir adalah satu orang calon PPS yang diketahui sudah lebih dari dua kali menjadi anggota PPS.

Salah satu contoh di Desa Karangmukti Kecamatan Salawu, ada calon PPS yang diduga terlibat sebagai Sekretaris PAC PKB. Demikian pula di beberapa Desa dan Kecamatan lainnya.

Anggota Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Ahmad Azis Firdaus menyebutkan, dengan melibatkan Panwascam dan pengawas desa, selama pelaksanaan pengawasan dalam tahapan rekrutmen seleksi administrasi serta tes tulis dan wawancara calon PPS yang dilaksanakan oleh KPU di beberapa kecamatan, ditemukan tiga indikasi pelanggaran terhadap ketentuan yang ditunjang dengan adanya bukti yang sudah terkumpul.

 

Baca : Di Tengah Pandemi Covid-19 KPU Tetap Lakukan Tahapan Pilkada

 

"Kita temukan indikasi ada calon PPS yang diduga terlibat masuk kepengurusan partai politik.Hal itu diperkuat dengan adanya SK dari partai politik tersebut. Kemudian ada satu pasang calon anggota PPS yang mempunyai ikatan perkawinan dibuktikan dengan surat nikah dan ada calon PPS yang sudah lebih dua periode," kata Aziz, Jumat (20/3/2020).

Ditambahkan, seluruh indikasi pelanggaran hasil pengawasan tersebut, sudah dijelaskan dalam sebuah surat dan disampaikan ke KPU. "Ya tentunya harus bisa dijadikan pertimbangan KPU sebelum calon PPS tersebut ditetapkan KPU sebagai anggota PPS," ujarnya.*

 

Baca pula : Pengalaman Politik Mumpuni Mantapkan Ujang Sukmana Bertarung di Pilkada Tasikmalaya