Setelah Kominfo Indonesia, WHO Luncurkan Akun Chatbot WhatsApp

Minggu, 22 Maret 2020 22:44 Eris Kuswara Nasional

Setelah Kominfo Indonesia, WHO Luncurkan Akun Chatbot WhatsApp

 

Koropak.co.id - Di tengah pandemi corona yang sedang dihadapi dunia, tidak sedikit orang tidak bertanggungjawab untuk menyebarkan berita hoax atau informasi yang menyesatkan. Jelas hal itu bisa menimbulkan kepanikan yang berlebih di kalangan masyarakat.

Setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI meluncurkan chatbot pada Kamis (19/3/2020), giliran World Health Organization (WHO) yang secara resmi meluncurkan akun chatbot yang siap menjawab pertanyaan dari masyarakat dunia terkait dengan virus corona atau Covid-19 contohnya seperti data terbaru dari virus corona.

Berdasarkan data yang dihimpun Koropak, Minggu (22/3/2020) aplikasi chatboot WHO yang bekerjasama dengan WhatsApp dan diluncurkan pada Sabtu (21/3/2020) dapat diakses dengan nomor akun WhatsApp chatbot WHO Health Alert yaitu +417 9893 1892.

Pengguna hanya tinggal menambahkan nomor tersebut di daftar kontar WhatsApp dan ketika pengguna mengetik "hi!" pada akun tersebut maka layanan akan memberikan respons termasuk di dalamnya data terbaru dari virus corona.

 

Baca : Kominfo RI Umumkan Akun Chatbot Virus Corona Resmi Pemerintah

 

Namun, dikarenakan WhatsApp merupakan layanan pengirim pesan pribadi dan digunakan lebih dari dua miliar orang di seluruh dunia, sehingga tentunya hal tersebut menjadi tantangan terbesar WHO dalam peperangan melawan informasi hoax.

Tidak seperti jejaring sosial dan mesin pencari lainnya, pesan yang disampaikan dalam akun chatbot WHO Health Alert ini dienkripsi dan tidak dapat dilacak. Sehingga membuat provider WhatsApp akan sangat kesulitan untuk menindak apakah berita palsu atau tidak.

Namun, untuk mengekang informasi hoax, sebetulnya pada 2019 WhatsApp pernah mengurangi batas forward pesannya hanya untuk lima orang atau lima kelompok saja. Kini seiring dengan merebaknya fenomena virus Corona yang turut memicu besarnya potensi informasi hoax soal Corona, maka chatbots WHO Health Alerts menjadi sumber informasi terpercaya tentang informasi Corona dunia, sekaligus menjadi upaya memerangi informasi hoax.*

 

Baca pula : Update! Jumlah Pasien Positif Corona Alami Penambahan