Wabah Covid-19, Kesbangpol Tasikmalaya Tak Mau Kecolongan

Rabu, 25 Maret 2020 07:55 D. Farhan Kamil Daerah

Wabah Covid-19, Kesbangpol Tasikmalaya Tak Mau Kecolongan

 

Korpak.co.id - Tak ingin kecolongan dengan wabah Covid-19, Kesbangpol Kabupaten Tasikmalaya, Jalan Pemuda Kota Tasikmalaya, melakukan sterilisasi seluruh ruangan kantor termasuk barang-barang antara lain kendaraan dinas, dengan menyemprotkan cairan desinfektan, Selasa (24/3/2020).

Tidak hanya itu, menyusul surat edaran Bupati Tasikmalaya nomor 10 tahun 2020 salah satunya tentang sterilisasi seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Tasikmalaya, sejumlah dinding dan kaca jendela kantor Kesbangpol ditempeli stiker larangan masuk bagi yang tidak berkepentingan.

"Kami mulai memperketat jumlah kunjungan orang ke kantor ini, dalam rangka menerapkan prinsip kewaspadaan dini sebagai upaya kami turut serta antisipasi penyebaran virus Corona," kata Kepala Kesbangpol Kabupaten Tasikmalaya, Asep Gunadi.

 

Baca : Pasien Meninggal Terus Bertambah, Masyarakat Diminta Lebih Patuh Social Distancing


Ditambahkan, hal paling penting dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang pertama adalah, bagaimana semua pihak mengenali wabah tersebut dan mampu mengedukasi masyarakat tentang peningkatan pola hidup bersih dan sehat. Maka kepada seluruh ASN, staf dan karyawan Kesbangpol ini, diwajibkan cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas dengan menggunakan hand sanitaizer, anti septic, sabun, detergen atau sejenisnya.

Kemudian menghindari bepergian apabila tidak terlalu penting dan tetap menjaga jarak minimal 1 meter (social distancing), tidak berlama-lama berkumpul, menghindari berkerumun dengan jumlah masa banyak.

"Kami juga mengimbau untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga dikala matahari mulai terbit (sekitar pukul 09.00-10.00 WIB) untuk menjaga kekebalan tubuh, meningkatkan kebersihan di rumah tingal untuk mewujudkan rumah sehat melalui sirkulasi udara normal, hindari kelembaban, dan membiarkan cahaya matahari masuk ruangan," tutur Asep.

 

Baca : Semua Waspada Awasi Jika Ada Warga Datang Dari Luar Kota


Tidak kalah penting lanjut dia, mengenali manakala akan berinteraksi dengan orang yang habis bepergian dari daerah yang masuk kategori zona merah.

"Kami terus berikhtiar salah satunya menjaga atau membiasakan thoharoh (kebersihan). Dan tentunya berdoa agar bangsa ini diselamatkan Allah SWT dari marabahaya dan bencana," ucapnya.*

 

Baca pula : Terungkap Kronologis PDP Corona di Tasikmalaya yang Meninggal Dunia


Berita Terkait