Terbaru! 1 Orang Dinyatakan Positif, Kota Tasikmalaya Berstatus KLB

Rabu, 25 Maret 2020 15:40 Eris Kuswara Daerah

Terbaru! 1 Orang Dinyatakan Positif, Kota Tasikmalaya Berstatus KLB


Koropak.co.id - Tercatat per hari ini Rabu (25/3/2020) Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kota Tasikmalaya mengalami penambahan dari yang sebelumnya sebanyak 94 orang kini menjadi 116 orang. Sementara untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 10 orang dan 1 orang dinyatakan positif terjangkit virus Corona atau Covid-19. Sehingga membuat status Kota Tasikmalaya dari Siaga 1 berganti Kejadian Luar Biasa (KLB).

Demikian disampaikan Walikota Tasikmalaya, Drs H Budi Budiman dalam Konferensi Pers terkait perkembangan penyebaran virus corona di Kota Tasikmalaya yang dilaksanakan didepan Kantor Balekota Tasikmalaya, Rabu (25/3/2020).

"Perkembangan hari ini, tepat pukul 10.00 WIB pagi, jumlah ODP di Kota Tasikmalaya sebanyak 116 orang, 18 orang sudah dinyatakan sehat sehingga sisanya 98 orang masih dalam pemantauan. Untuk ODP tersebut dirawat di rumahnya masing-masing namun dipantau oleh petugas kesehatan terkait dengan perkembangan setiap harinya," kata Walikota.

Sementara untuk PDP di Kota Tasikmalaya sebanyak 10 orang, tetapi untuk 4 orang sudah dinyatakan selesai. Sehingga jumlah PDP saat ini sebanyak 6 orang. Untuk PDP, mereka dirawat di 4 rumah sakit meliputi 1 orang di RSUD dr Soekardjo Tasikmalaya dan sisanya di rumah sakit swasta.

"Hal yang perlu kami konfirmasikan hari ini adalah di Kota Tasikmalaya yang tidak sama sekali kita harapkan, berdasarkan hasil dari lab rujukan di RSHS Bandung, dari 5 sample yang kami serahkan, ada 3 sample yang sudah keluar hasilnya dinyatakan 2 orang negatif dan 1 orang positif. Sementara untuk 2 sample lagi masih menunggu hasilnya," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Terbaru! 1 Orang Dinyatakan Poisitif, Kota Tasikmalaya Berstatus KLB

 

Baca : Meningkat! ODP Corona Di Kota Tasikmalaya Capai 94 Orang

Walikota menuturkan, dengan adanya pasien yang dinyatakan positif, maka tim Gugus Tugas dalam hal ini pelaksana harian yaitu Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya melakukan tracking kontak erat dan saat ini terdata sebanyak 71 orang kontak erat dengan pasien positif dan berstatus dalam pemantauan.

"Sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK0107/Menkes104 Tahun 2020 tentang penetapan Novel Corona Virus sebagai penyakit yang dapat menimbulkan wabah, maka upaya penanggulangannya kami sudah sepakat menetapkan Kota Tasikmalaya dalam status Kejadian Luar Biasa (KLB)," ujarnya.

Walikota mengajak seluruh masyarakat Kota Tasikmalaya benar-benar mengikuti dan melaksanakan imbauan-imbauan dari pemerintah baik dari pusat dan daerah termasuk juga surat edaran yang sudah disampaikan.

"Terimakasih kepada semua pihak yang sudah terus menyosialisasikan informasi soal Corona dan menyampaikan kepada masyarakat sampai ke pelosok. Namun hal yang paling utama adalah kesadaran masyarakat itu sendiri. Langkah paling efektif untuk menangkal virus Corona adalah menjaga jarak antar masyarakat," tuturnya.*

 

Baca pula : Data Terbaru, Terjadi Lonjakan Pasien Positif Corona Di Indonesia


Berita Terkait