Satu Orang PDP Corona di Kota Tasikmalaya Meninggal Dunia

Sabtu, 28 Maret 2020 13:59 Eris Kuswara Daerah

Satu Orang PDP Corona di Kota Tasikmalaya Meninggal Dunia


Koropak.co.id - Berdasarkan data terbaru, Sabtu (28/3/2020) pukul 09.00 WIB, satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kota Tasikmalaya dikonfirmasi meninggal dunia.

Sementara itu, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kota Tasikmalaya terus bertambah, hingga mencapai 251 orang. Sebanyak 20 orang di antaranya diketahui pernah melakukan kontak dengan PDP meninggal.

Dari 251 ODP tersebut, sebanyak 213 orang masih dalam proses pemantauan dan 38 orang selesai pemantauan. Sementara untuk jumlah PDP mencapai 13 orang, 9 orang masih proses pengawasan dan 3 orang selesai pengawasan.

Sedangkan untuk pasien yang positif terjangkit virus corona atau Covid-19 di Kota Tasikmalaya bertambah hingga mencapai 5 orang, yakni 1 orang terkonfirmasi melalui hasil laboratorium dan 4 orang terkonfirmasi dari Rapid Diagnostic Test (RDT). Saat ini, pasien positif tersebut telah diisolasi.

Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Tasikmalaya sekaligus Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, H. Ivan Dicksan menuturkan dikarenakan saat ini Kota Tasikmalaya sudah masuk dalam status tanggap darurat, maka social distancing pun berubah menjadi physical distancing.

"Untuk proses pengendaliannya akan lebih kami perketat lagi. Sehingga masyarakat Kota Tasikmalaya dilarang berkerumun dan berkumpul, kecuali hanya untuk kepentingan beribadah sambil juga dengan tetap menerapkan physical distancing. Kemudian untuk siswa, jadwal belajar di rumah diperpanjang selama 14 hari ke depan, begitu juga untuk Work From Home (WFH) untuk para pekerja dan ASN," tutur Ivan.

 

Baca : Jumlah Pasien Positif Corona di Indonesia Lampaui Angka 1.000

 

Koropak.co.id - Satu Orang PDP Corona di Kota Tasikmalaya Meninggal Dunia

 

Baca : Gugus Tugas Covid-19 Akan jaga Perbatasan Kota Tasikmalaya

Baca : TNI Terapkan Teknis Khusus Nubika Untuk Menghadang Covid-19

 

Sementara itu, Wakil Ketua II Gugus Tugas Kota Tasikmalaya sekaligus Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya, H. Ucu Anwar mengatakan, upaya pencegahan penyebaran virus corona terus dilakukan, salah satunya dengan melaksanakan penyemprotan disinfektan di 10 kecamatan yang ada di Kota Tasikmalaya. Bahkan, pihaknya turut menyisir 40 DKM dari 10 kecamatan, agar jamaah nyaman dan aman saat beribadah.

"Untuk 72 orang yang kontak erat dengan 1 pasien positif Covid-19, hingga saat ini kami masih terus melakukan pemantauan melalui tim medis. Bahkan mereka juga diingatkan agar tidak beraktivitas untuk menekan resiko penyebaran virus semakin meluas," katanya.*

 

Lihat : Corona Bukan Untuk Ditakuti, Mari Bersama Lawan Corona!

 


Berita Terkait