Protokol Keluar Rumah Aman di Tengah Kondisi Social Distancing

Minggu, 29 Maret 2020 10:44 Dede Hadiyana Nasional

Protokol Keluar Rumah Aman di Tengah Kondisi Social Distancing

 

Koropak.co.id - Seiring penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia yang masih begitu tinggi, pemerintah pun telah menginstruksikan masyarakat untuk melakukan berbagai protokol agar tetap aman dari paparan Covid-19, termasuk melalui protokol Social Distancing.

Akan tetapi, masih banyak masyarakat yang masih saja melakukan aktivitas di luar rumah karena kebutuhan mendasar dan mendesak. Oleh sebab itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 RI pun merilis protokol kesehatan sebelum keluar rumah, sebagaimana yang sudah dihimpun Koropak berikut.

1. Gunakan pakaian tangan panjang
Sebelum melakukan aktivitas ke luar rumah, baiknya menggunakan jaket atau pakaian tangan panjang untuk meminimalisasi menempelnya virus pada tubuh secara langsung. Tidak perlu menggunakan aksesoris seperti gelang, kalung, cincin, anting, dan aksesoris lainnya.

2. Penggunaan masker
Masker merupakan benda yang berfungsi untuk melindungi alat pernafasan hidung dan mulut dari infeksi virus, dan benda ini digunakan untuk sekali pakai. Jika hendak menggunakan masker, diharuskan gunakan terakhir sebelum keluar rumah. Setelah digunakan, hancurkan masker dan masukan ke dalam plastik lalu buang ke tempat sampah.

 

Koropak.co.id - Protokol Keluar Rumah Aman di Tengah Kondisi Social Distancing

 

3. Tidak naik angkutan umum
Jika memang harus keluar rumah karena urusan penting, disarankan untuk tidak menggunakan angkutan umum guna mencegah penularan virus dan alangkah baiknya menggunakan kendaraan pribadi agar lebih aman.

4. Gunakan pelindung tangan
Aktivitas yang dilakukan di luar rumah dapat dipastikan menyentuh berbagai benda. Disarankan gunakan tisu atau sapu tangan untuk melindungi tangan dan jari saat menyentuh benda atau permukaan apapun. Sesudah itu, hancurkan tisu atau sapu tangan tersebut dan buang ke tempat sampah.

5. Etika batuk dan bersin
Pada kondisi ini, etika batuk dan bersin harus dilakukan dengan benar untuk mencegah penularan virus baik dari kita maupun dari orang lain dengan cara menggunakan siku saat batuk dan bersin. Kemudian cuci tangan dengan sabun atau gunakan hand sanitizer.

 

Koropak.co.id - Protokol Keluar Rumah Aman di Tengah Kondisi Social Distancing

6. Transasksi non tunai
Perkembangan teknologi sekarang bisa dimanfaatkan pada kondisi saat ini untuk pencegahan penularan virus corona salah satunya dengan transaksi non tunai. Hal ini bisa meminimalisasi penularan virus melalui uang tunai yang rentan terpapar virus yang menempel.

7. Jaga jarak aman
Seperti yang diinstruksikan pemerintah untuk menjaga jarak aman dengan orang lain yakni minimal 1 meter untuk mencegah penularan virus tersebut. Namun yang terpenting adalah, lakukan cuci tangan dengan benar atau gunakan hand sanitizer setelah menyentuh benda dan permukaan apapun serta jangan menyentuh wajah sebelum tangan benar-benar bersih.*

 

Lihat : Corona Bukan Untuk Ditakuti, Mari Bersama Lawan Corona!