Jumlah ODP Dan PDP Corona Di Kabupaten Tasikmalaya Terus Berlipat

Senin, 30 Maret 2020 07:59 D. Farhan Kamil Daerah

Jumlah ODP Dan PDP Corona Di Kabupaten Tasikmalaya Terus Berlipat


Koropak.co.id - Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya, mencatat ada lonjakan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di dua hari terakhir ini termasuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Minggu (29/3/2020) jam 17.00, GTP2 Covid-19 mencatat sebanyak 265 ODP dan 8 PDP. Padahal hari sebelumnya tercatat hanya 173 ODP dan 7 PDP.

Peningkatan jumlah ODP tersebut seiring dengan bertambahnya jumlah warga Kabupaten Tasikmalaya yang terpantau pulang dari daerah perantauan di zona merah seperti Jabodetabek, Bandung Raya, Subang, Karawang, Purwakarta, Sukabumi dan beberapa kota lainya. Atau orang yang pernah mengalami kontak dengan pasien terinfeksi Covid-19.

Di samping itu juga, daya pantau GTP2 dan terbentuknya Tim Gerak Cepat (TGC) tingkat desa, mengkontribusi peningkatan jumlah ODP serta semakin teredukasinya warga untuk melapor ke petugas kesehatan salah satunya melalui Sigesit 119, ketika mengalami gejala seperti terinfeksi virus Corona.

"Sesuai instruksi Bupati Tasikmalaya, GTP2 Covid-19 terus berusaha melebarkan akses pemantauan ke seluruh daerah hingga tingkat desa di Kabupaten Tasikmalaya sekaligus mempertajam pengawasan di daerah," kata Juru Bicara (Jubir) GTP2 Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya, dr. Heru Suharto, Minggu (29/3/2020).

 

Koropak.co.id - Jumlah ODP Dan PDP Corona Di Kabupaten Tasikmalaya Terus Berlipat

 

Baca : Jadwal Belajar Di Rumah Diperpanjang Hingga 1 Juni 2020

Baca : Cegah Pandemi Covid-19 Bupati Tasikmalaya Tutup Objek Wisata


GTP2 Covid-19 juga berusaha terus menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat agar dalam menghadapi wabah virus Coroa ini tidak perlu takut namun tetap untuk waspada dengan mengikuti anjuran pemerintah yakni isolasi mandiri selama 14 hari di rumah dan menerapkan hidup bersih juga sehat," ujarnya.

Ditambahkan, seperti hari-hari sebelumnya, hari ini tim BPBD Kabupaten Tasikmalaya bersama TNI/Polri dan relawan penanggulangan bencana (RPB) serta unsur pemerintah daerah setempat melakukan sosialisasi atau imbauan kepada masyarakat terkait Covid-19 di beberapa kecamatan termasuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di beberapa desa seperti Desa Cisaruni Kecamatan Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya.

"Dalam kewaspadaan ini, tetap optimis dan semangat jika masyarakat Kabupaten Tasikmalaya ini akan segera keluar dari bencana mewabahnya Covid-19. Tetap jaga jarak, cuci tangan dan terapkan pola hidup bersih dan sehat. Jangan bosan berdoa dengan ikhlas dan penuh harap," ucap Heru.*

 

Lihat : Hindari penyebaran Covid-19 Polisi Bubarkan Orang Berkerumun

Lihat : Corona Bukan Untuk Ditakuti, Mari Bersama Lawan Corona!


Berita Terkait