Jumlah Pasien Positif Virus Corona di Jawa Barat Capai 149 Orang

Senin, 30 Maret 2020 19:15 Eris Kuswara Provinsi

Jumlah Pasien Positif Virus Corona di Jawa Barat Capai 149 Orang


Koropak.co.id - Jumlah pasien yang positif terinfeksi virus corona atau Covid-19 di Provinsi Jawa Barat kembali bertambah. Tercatat, per Senin (30/3/2020) 149 orang dinyatakan positif corona, 19 orang meninggal dunia dan 9 orang dinyatakan sembuh.

Berdasarkan hasil pantauan Koropak, melalui situs pikobar.jabarprov.go.id, hingga pukul 12.30 WIB, sebanyak 7.281 orang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) dengan rincian sebanyak 5.293 orang masih proses pemantauan dan 1.988 orang selesai pemantauan.

Kemudian sebanyak 850 orang dinyatakan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dengan rincian sebanyak 660 orang masih proses pengawasan dan 190 orang selesai pengawasan.

Dalam menangani jenazah yang terjangkit Covid-19, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat pun memegang dua prinsip dalam pemulasaran jenazahnya yakni dengan menghormati jenazah serta melindungi diri dan lingkungan dari infeksi virus.

 

Baca : Protokol Keluar Rumah Aman di Tengah Kondisi Social Distancing

 

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, Berli Hamdani mengatakan, Dinas Kesehatan Jawa Barat sudah menyusun prinsip dan ketentuan umum dalam pemulasaran jenazah infeksius seperti dengan memastikan jenazah tersebut sudah didiamkan selama lebih dari dua jam sebelum dilakukan perawatan jenazah.

"Kemudian, menerapkan kewaspadaan standar yaitu dengan memperlakukan semua jenis cairan dan jaringan tubuh jenazah sebagai bahan yang menular dengan cara menghindari kontak langsung. Selain itu juga, tidak mengabaikan etika, budaya, dan agama yang dianut jenazah. Semua lubang-lubang tubuh pun ditutup dengan kasa absorben dan diplester kedap air. Bahkan petugas pun harus memastikan badan jenazah bersih dan kering," kata Berli.*

 

Baca : Jumlah Positif Covid-19 di Indonesia Kini Capai 1.285 Kasus

Lihat : Corona Bukan Untuk Ditakuti, Mari Bersama Lawan Corona!


Berita Terkait