Bangun Bilik Sterilisasi Cara Warga Lawan Corona

Selasa, 31 Maret 2020 09:33 Dede Hadiyana Daerah

Bangun Bilik Sterilisasi Cara Warga Lawan Corona

 

Koropak.co.id - Ada yang menarik dalam aksi swadaya warga Setiarasa Kelurahan Sukamulya Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya di tengah merebaknya wabah virus corona di Kota Tasikmalaya. Dengan sumber dana secara swadaya, warga bersama perangkat desa setempat berinisiatif membangun bilik sterilisasi di Masjid Al-Hikmah yang banyak digunakan warga setempat untuk melaksanakan ibadahnya.

Bilik sterilisasi tersebut berfungsi untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan kepada jemaah yang hendak masuk ke masjid.

Dikonfirmasi Koropak, Senin (30/3/2020), salah seorang warga Setiarasa, R Atik Suardi mengatakan bilik sterilisasi tersebut merupakan hasil karya pemuda setempat yang didorong semangat menjaga warga yang hendak melaksanakan ibadah agar steril dan terhindar dari infeksi corona.

"Bilik steril ini dibuat dengan swadaya oleh warga agar jemaah yang hendak ke masjid dapat disterilisasi dulu," ujarnya.

Memang, kata Atik, kegiatan-kegiatan yang digelar di Masjid Al-Hikmah masih sangat aktif namun tetap mengikuti aturan pemerintah, Bahkan ada beberapa kegiatan yang dihentikan sementara yakni mengaji anak-anak setelah sholat magrib, pengajian rutin, dan kuliah subuh.

"Alhamdulillah, untuk berjamaah di masjid masih ramai, Insyaallah kita pun mengikuti aturan yang disarankan pemerintah. Kami berharap adanya bilik sterilisasi tersebut menjadi upaya meminimalisasi penyebaran virus corona," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Bangun Bilik Sterilisasi Cara Warga Lawan Corona

 

Baca : Pasien Positif Virus Corona di Kota Tasikmalaya Kembali Bertambah Jadi 6 Orang

 

Bilik sterilisasi juga dipasang di Perumahan Sukamulya, Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya. Setiap warga yang masuk ke kompleks perumahan diarahkan untuk turun dari kendaraannya dan masuk ke bilik sterilisasi guna disemprot cairan disinfektan. Setelah disemprot, warga dipersilahkan melanjutkan perjalanannya.

Adapun tujuan diadakannya bilik sterilisasi di Perumahan Sukamulya, adalah untuk meminimalisasi risiko sebaran corona yang bisa jadi dibawa oleh warga yang hendak masuk ke perumahan.

Ketua RT 03 /RW 02 Perumahan Sukamulya, Kelurahan Sukamulya Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya, Surandi menuturkan pengadaan bilik sterilisasi tersebut merupakan wujud peran serta masyarakat guna melindungi masyarakat lainnya dari infeksi virus corona.

"Oleh sebab itu, setiap warga yang masuk ke perumahan, harus disemprot disinfektan dulu di bilik sterilisasi tersebut. Baru setelahnya, diperbolehkan masuk ke kompleks perumahan," katanya.*

 

Lihat : Corona Bukan Untuk Ditakuti, Mari Bersama Lawan Corona!


Berita Terkait