Bupati Ade Ambil Langkah Populis Soal Anggaran

Rabu, 01 April 2020 12:44 D. Farhan Kamil Daerah

Bupati Ade Ambil Langkah Populis Soal Anggaran

 

Koropak.co.id - Selama upaya akselerasi pencegahan dan penanganan wabah virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya, Bupati telah menginstruksikan kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk memblokir anggaran-angaran, baik yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) ataupun anggaran-angaran lain yang tercantum dalam APBD, sebagai cadangan dana.

"Bukan dana cadangan. Tetapi cadangan dana yang sewaktu-waktu dapat kami ambil dan kami prioritaskan untuk kepentingan penanganan Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya," kata Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto, Rabu (1/3/2020).

 

Baca : Bupati Tasikmalaya Instruksikan TGP Covid-19 Bangun Ruang Karantina Khusus

 

Anggaran-anggaran tersebut merupakan angaran yang tidak menyentuh kepada kepentingan masyarakat secara langsung, tidak juga berhubungan dengan kesehatan dan pendidikan.

"Anggaran itulah yang kita blok mulai hari ini melalui penundaan sejumlah program, untuk tidak dipergunakan sementara waktu, sebagai cadangan anggaran seandainya diperlukan," ujarnya.

Ditambahkan, pemfokusan anggaran untuk kegiatan penanganan Covid-19 tidak berbatas jumlah. Artinya, jika pemerintah memerlukan untuk menangani situasi di masyarakat akibat pandemi virus Corona, maka anggaran itu bisa disiapkan seluas-luasnya sebagai cadangan dana.

 

Baca : Pandemi Corona, Dewan Siap Dukung Kebijakan Anggaran

 

"Hari ini seluruh kegiatan yang kepentingannya tidak terlalu mendesak bagi masyarakat, baik kegiatan yang sedang atau akan dilaksanakan, kami tunda dan kami fokuskan ke penanganan wabah Covid-19. Dengan cara seperti ini minimal ada keleluasaan anggaran hingga angka Rp 100 milyar," tuturnya.

Namun kata Ade, meskipun ada keleluasaan anggaran, tidak berarti memindahkan anggaran perbaikan jalan misalnya, digunakan seenaknya untuk belanja masker atau barang lain yang tidak terlalu urgen dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya.*

 

Baca pula : DPRD Kabupaten Tasikmalaya Kaji Skenario Bupati Soal Blocking Anggaran