Corona Ternyata Negatif, Kesusahan Rakyat Malah Positif

Rabu, 01 April 2020 14:03 D. Farhan Kamil Daerah

Corona Ternyata Negatif, Kesusahan Rakyat Malah Positif

 

Koropak.co.id - Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto menegaskan, hingga hari ini, belum ditemukan warga Kabupaten Tasikmalaya positif terjangkit virus Corona. Baik hasil pemeriksaan cepat (rapid test) maupun swab tenggorokan terhadap warga yang dicurigai berisiko, ternyata negatif.

Akan tetapi kesulitan rakyat sudah terjadi dan nampak di depan mata. Mereka terdampak akibat diterapkan kebijakan penanganan Covid-19 secara nasional. Warga Kabupaten Tasikmalaya yang biasa berkifayah di luar kota, kini karena satu dan lainnya, mereka harus kembali ke daerah dan artinya itu kehilangan pekerjaan.

Tidak sedikit masyarakat kini kekurangan pendapatan atau penghasilannya menjadi berkurang. Dan tidak sedikit pula warga kabupaten yang berada di daerah tidak berpenghasilan sama sekali.

Kemudian bagaimana pula nasib para tukang ojek, pengemudi angkutan penumpang umum, nelayan, para buruh serabutan dan mereka yang biasa berjualan di area publik yang terpaksa harus meninggalkan aktivitasnya karena aturan.

"Kami, Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya saat ini tengah melakukan pendataan secara menyeluruh, berapa banyak warga kami yang hari ini terdampak, termasuk di dalamnya warga kami yang selama ini mendapat bantuan pemerintah seperti BLNT, PKH dan lain sebagainya. Apa kira-kira kebutuhan mereka yang sangat urgen untuk segera ditangani oleh pemerintah," kata Bupati, Rabu (1/4/2020).

 

Baca : Pemprov Jabar Akan Beri Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

 

Dari pendataan tersebut sejatinya menjadi dasar pijakan pemerintah mengeluarkan kebijakan lebih jauh tentang recoveri ekonomi, bagaimana masyarakat tidak kesulitan makanan dan dapat melangsungkan kehidupannya.

"Meskipun tidak sehebat masa lalu, tetapi paling tidak masyarakat masih bisa makan sekalipun hanya dengan mie instan. Itu yang sedang kami pikirkan teknik dan mekanisme bantuannya seperti apa," ujarnya.

 

Baca : Bupati Ade Ambil Langkah Populis Soal Anggaran

 

Demikian pula terang Ade, untuk memastikan ketersediaan bahan pokok di pasar-pasar sekaligus menjaga keseimbangan, pemerintah akan segera melaksanakan operasi pasar dengan mempertimbangkan titik-titik dimana masyarakatnya paling membutuhkan.

Kebijakan lainnya yang dilakukan pemerintah dalam penanggulangan masyarakat terdampak, pihaknya meminta kepada seluruh pemilik perusahaan, agar apabila ada pengurangan jam kerja atau proses produksi, tidak boleh ada pemutusan hubungan kerja.

Dan apabila dilakukan shift atau pengurangan jumlah karyawan, maka karyawan tersebut dibayar secara penuh.*

 

Baca pula : DPRD Kabupaten Tasikmalaya Kaji Skenario Bupati Soal Blocking Anggaran


Berita Terkait