Pemkab Tasikmalaya Menambah 24 Ruang Isolasi Corona di RS SMC

Kamis, 02 April 2020 21:29 D. Farhan Kamil Daerah

Pemkab Tasikmalaya Menambah 24 Ruang Isolasi Corona di RS SMC

 

 

 

Koropak.co.id - Mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah pasien dengan gejala Covid-19, Pemkab Tasikmalaya menambah jumlah ruang isolasi di RSUD Singaparna Medika Citrautama (SMC) menjadi 24 ruang, satu ruang di antaranya ICU.

Jika ketersediaan ruang isolasi di rumah sakit masih tidak mencukupi, pemerintah telah menetapkan Puskesmas Tinewati di Kecamatan Singaparna sebagai puskesmas khusus isolasi.

Jika di Puskesmas Tinewati juga dianggap kurang, pemerintah akan menyiapkan dua tempat berbeda di wilayah ibu kota dan utara Tasikmalaya. Yaitu Gedung Wisma Haji Komplek Islamic Center dan Gedung Diklat Ciawi.

"Apabila ada perubahan situasi yang mengarah kepada kegawatdaruratan namun berharap semoga tidak terjadi, kami telah menginstruksikan kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk memanfaatkan Gedung Wisma Haji dan Gedung Diklat Ciawi, sebagai ruang rawat inap isolasi," kata Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto, Kamis (2/4/2020).


Baca : Bupati Tasikmalaya Instruksikan TGP-Covid Bangun Ruang Karantina Khusus

Demikian pula terang Ade, pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh camat untuk menyiapkan puskesmas sebagai ruang inap isolasi. Sehingga sejak dini harus mencanangkan ruangan khusus jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

"Kepada kepala desa, kami juga telah menginstruksikan agar mencanangkan satu bangunan untuk ruang rawat pasien. Ini bagian dari langkah antisipasi saja. Sekali lagi mudah-mudahan tidak terjadi," tuturnya.

Bupati mengimbau kepada seluruh warga Kabupaten Tasikmalaya, untuk mengikuti langkah-langkah sesuai protokol kesehatan di tengah-tengah pandemi Covid-19. Yakni, isolasi mandiri di rumah, jaga jarak, cuci tangan, hindari kerumunan, makan yang teratur, tidur cukup dan berjemur di matahari pagi.

"Insyaallah Kabupaten Tasikmalaya akan terbebas dan selamat dari wabah Covid-19," ucapnya.*

 

Baca pula : Bupati Ade Ambil Langkah Populis Soal Anggaran


Berita Terkait