ODP Bertambah Akibat Masyarakat Tidak Patuhi Social Distancing

Jum'at, 03 April 2020 09:18 Eris Kuswara Daerah

ODP Bertambah Akibat Masyarakat Tidak Patuhi Social Distancing

 

Koropak.co.id - Dengan adanya kebijakan pembatasan orang masuk ke Kota Tasikmalaya serta penerapan social distancing menjadi tumpuan berkurangnya sebaran Covid-19. Sayangnya, masyarakat sendiri masih banyak yang tidak memahami social distancing sehingga seharusnya mereka berdiam diri di rumah dan menghindari kerumunan, yang ada malah asyik jalan-jalan di luar. Ujungnya, positif Corona.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya kepada Koropak selepas mengikuti kegiatan penerimaan bantuan APD dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di kantor OJK Tasikmalaya, Kamis (2/4/2020).


Baca : Ingat Jangan Merasa Aman Dari Ancaman Virus Hanya Karena Masker Kain

Hingga 1 April 2020, di Kota Tasikmalaya tercatat 6 orang dinyatakan positif Covid-19 dengan 2 orang masih dalam perawatan, 1 orang meninggal, 1 orang sembuh, 2 orang membaik. Sebanyak 354 orang dinyatakan berstatus Orang Dalam Pemantauan dengan rincian 236 orang masih dalam pemantauan dan 118 orang sudah selesai pemantauan.

Sebanyak 12 orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan dengan rincian sebanyak 3 orang masih dalam pengawasan, 8 orang selesai pengawasan dan 1 orang meninggal dunia.

"Kami mengimbau, masa berdiam diri di rumah ini tolong jangan diartikan sebagai liburan, karena dengan berdiam diri di rumah, menjadi upaya memutus rantai penyebaran Covid-19. Mari kita bersama membangun rasa optimis, jangan dihadapi dengan panik dan cemas, namun selalu waspada," kata Uus.


Baca : Jangan Anggap Sepele, Covid-19 Bencana Nasional Banyak Renggut Nyawa

Ditambahkan Uus, apabila ada pasien yang meninggal karena Covid-19, masyarakat tidak perlu lagi ada penolakan karena setiap yang orang yang meninggal akibat infeksi Covid-19, pemakamannya akan ditangani pihak rumah sakit dan itu sudah diberlakukan protokol pemulasaran jenazah sesuai dengan protokol kesehatan.

"Insyaalloh semua sudah dijamin keamanannya. Sudah bisa dipastikan tidak akan menular dan mencemari lingkungan. Agar terhindar dari virus Covid-19, terpenting adalah mematuhi aturan social distancing, menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta mengkonsumsi vitamin karena Covid-19 ini masuk dalam self limiting disease artinya virus yang bisa sembuh sendiri oleh mekanisme pertahanan tubuh yang kuat," ucapnya.*

 

Lihat : Hindari Penyebaran Covid19, Polisi Bubarkan Orang Berkerumun


Berita Terkait