Tiga Pasien Positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya Alami Perkembangan Baik

Jum'at, 03 April 2020 12:42 Eris Kuswara Daerah

Tiga Pasien Positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya Alami Perkembangan Baik

 

Koropak.co.id - Hingga 1 bulan ke depan, Pemerintah Kota Tasikmalaya membutuhkan sebanyak 700 Alat Pelindung Diri (APD) yang nantinya akan digunakan bagi tenaga medis yang melakukan pelayanan di rumah sakit dan puskesmas.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr Uus Supangat kepada Koropak selepas mengikuti kegiatan penerimaan bantuan APD dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di kantor OJK Tasikmalaya, Kamis (2/4/2020).

"Untuk pengadaan langsung, dengan adanya sumbangan-sumbangan seperti ini, meskipun tidak datang sekaligus dan bertahap, tetapi Alhamdulillah sampai saat ini bisa tercover. Bahkan bantuan dari Baznas juga sudah mulai bisa diambil," kata Uus.

 

Baca : Bantuan APD Sangat Dibutuhkan di Tengah Keterbatasan APD Memadai

 

Ditambahkan Uus, Tim Gugus Tugas juga memberikan surat edaran atas instruksi Walikota yang menyarankan untuk bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI) serta Dinas Kesehatan dalam memperbanyak jumlah tenaga medis guna penanganan Covid-19.

"Ujung tombak kami adalah yang bekerja di Puskesmas, mereka tetap memberikan pelayanan seperti bagi masyarakat. Untuk yang bekerja di rumah sakit, mereka bekerja sesuai dengan disiplin ilmunya terutama para dokter spesialis, mereka tetap memberikan pelayanan terhadap pasien Covid-19 seoptimal mungkin," ucapnya.

Uus menuturkan, untuk jumlah medis dan para medis yang dimiliki di Puskesmas, saat ini sekitar 500 orang dan di rumah sakit sekitar 900 orang yang aktif dan memberikan pelayanan. Tentunya mereka juga sangat profesional di bidangnya.

"Saat ini kami tengah membangun optimisme kepada masyarakat untuk tidak panik. Sebab dari 6 orang positif, 3 orang kondisinya sudah jauh lebih baik," ujarnya.

 

Baca : Kabar Baik, Satu Pasien Positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya Sembuh

 

Hal tersebut tentunya memberikan rasa optimis bagi pemerintah untuk tetap berhati-hati dalam menangani Covid-19. Itulah hal yang terbaik yang ingin diberikan kepada masyarakat bahwa di Kota Tasikmalaya juga sudah ada yang negatif atau sembuh.

"Kemudian untuk 2 orang yang positif, itu perkembangannya juga sudah baik dan hanya tinggal menunggu hasil lab. Jika hasilnya negatif, maka mereka bisa dipulangkan. Untuk PDP, dari 12 orang, 8 orang sudah dipulangkan," tuturnya.

Untuk ODP memang naik karena mesti dimaklumi masih masyarakat belum memahami tentang social distancing dan pembatasan aktivitas sosial, dari luar daerah tetap memaksakan masuk ke Kota Tasikmalaya.*

 

Baca pula : ODP Bertambah Akibat Masyarakat Tidak Patuhi Social Distancing