Layanan PLN Di Tengah Pandemi Covid-19, Listrik Gratis dan Diskon Tarif

Sabtu, 04 April 2020 19:24 Eris Kuswara Daerah

Layanan PLN Di Tengah Pandemi Covid-19, Listrik Gratis dan Diskon Tarif

 

 

Koropak.co.id - Sesuai dengan surat edaran dan pengumuman langsung dari Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo terkait layanan token listrik gratis bagi pengguna listrik 450 VA dan diskon 50 persen bagi pengguna listrik 900 VA, PLN Tasikmalaya pun membenarkan informasi tersebut dikarenakan banyaknya pertanyaan dari masyarakat.

Berbincang bersama Koropak, Sabtu (4/4/2020) Bagian Transaksi Energi Listrik sekaligus Ketua Serikat Pekerja PLN Tasikmalaya, Purnama mengatakan, layanan token listrik gratis yang diberikan pemerintah tersebut berlaku untuk pengguna layanan listrik dengan daya 450 VA dan 900 VA subsidi.

"Untuk daya 450 VA, akan mendapatkan token secara gratis. Kemudian untuk daya 900 VA bisa dilihat dari struk Pembayaran setiap bulannya, jadi untuk Daya 900 VA dengan kode (R1/900 VA) dipastikan dapat token dengan diskon 50 persen. Sementara untuk Daya 900 VA dengan kode (R1M/900), kode "M" Artinya mampu, merupakan listrik non subsidi dan tidak akan mendapatkan diskon," kata Purnama.

PLN, kata Purnama, mengambil data dari basis data terpadu dan hampir lebih dari 90 persen tarif PLN berasal dari kebutuhan rumah tangga. Sementara itu, untuk token listrik pulsa sebenarnya sama dan hanya berbeda di mekanisme teknisnya saja.

"Untuk token listrik pulsa, caranya dengan mengakses ke website PLN www.pln.co.id. Disana nanti akan diperlihatkan token gratis untuk 450 VA dan diskon 50 persen untuk 900 VA," ucapnya.

 

 

Kolropak.co.id - Layanan PLN Di Tengah Pandemi Covid-19, Listrik Gratis dan Diskon Tarif

 

Baca : Bersama Duta Laptop, PLN Tasikmalaya Distribusikan Paket Sembako

Akan tetapi, ucap Purnama, perlu masyarakat ketahui juga, dikarenakan ini merupakan sistem dan diakses oleh hampir banyak orang, pastinya akan menimbulkan banyak antrian. Maka diharapkan masyarakat bisa tenang terlebih dahulu dan jangan terburu-buru untuk mengaksesnya. Mungkin saja bisa nanti diakses di hari kelima atau ketujuh untuk bisa mendapatkannya.

"Layanan token gratis ini sendiri sudah mulai pada April 2020 dan akan berjalan selama 3 bulan hingga Juni 2020 mendatang. Jika dilihat dari akun Instagram PLN, generate-nya sudah dimulai hingga 11 April 2020," ujarnya.

Dikatakan Purnama, untuk informasi lebih lanjut, masyarakat bisa mengakses langsung ke akun Instagram PLN Tasikmalaya di @plntasikmalaya. Terdapat berbagai informasi mulai dari cara mendapatkan layanan, konfirmasi dan lainnya.*


Baca : Tangani Pandemi Covid-19, Indonesia Alokasikan Anggaran RP 405,1 Triliun

 


Berita Terkait