Di Kota Tasikmalaya, Gugus Tugas Covid-19 Dibentuk Sampai Tingkat RW

Sabtu, 04 April 2020 20:46 Eris Kuswara Daerah

Di Kota Tasikmalaya, Gugus Tugas Covid-19 Dibentuk Sampai Tingkat RW

 

Koropak.co.id - Walikota Tasikmalaya sekaligus Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya, Drs. H. Budi Budiman mengatakan bahwa Tim gugus tugas tingkat Rukun Warga (RW) di wilayah Kota Tasikmalaya sudah resmi dibentuk.

"Tim tersebut nantinya akan bertugas dalam mencegah penyebaran corona seperti penyemprotan disinfektan, pendataan pemudik serta memberikan edukasi mengenai bahaya dari virus corona," kata Walikota sebagaimana dihimpun Koropak, Sabtu (4/4/2020).

Walikota meminta agar jangan sampai ada protes dari warga dalam pelaksanaan tugasnya. Apalagi tim Gugus Tugas Tingkat RW ini sampai memungut biaya penyemprotan disinfektan dari masyarakat. Tim ini juga nantinya harus memberikan pengertian dan pemahaman kepada masyarakat agar dapat menjalankan arahan dari pemerintah untuk social distancing di masa Pandemi Covid-19.

"Pemahaman ini tentunya sangat diperlukan agar seluruh masyarakat tidak ada lagi yang menyepelekan tentang bahaya wabah virus corona. Bahkan kini kelurahan-kelurahan juga sudah mulai membentuk tim," ujarnya.

 

Baca : ODP Bertambah Akibat Masyarakat Tidak Patuhi Social Distancing

 

Untuk anggaran dari seluruh kegiatan penanganan corona setiap kampung ini akan dibebankan kepada dana bantuan kelurahan, yang besaran tiap kelurahannya lebih dari Rp 1 miliar. Untuk mekanisme pembentukan Tim Gugus Tugas Tingkat RW akan diatur oleh setiap kelurahan.

"Pembentukan Tim Gugus Tugas Tingkat RW ini merupakan wujud upaya serius kami dalam memerangi virus corona dan kami juga membutuhkan kerjasama serta dukungan dari masyarakat. Hal yang paling utama adalah kesadaran masyarakat seperti menggunakan masker masih minim, padahal penggunaan masker menjadi hal mendasar untuk meminimalisasi penyebaran virus. Jika selama 30 hari, pemerintah dan masyarakat bisa kompak, maka kami yakin bisa melewati wabah ini secara cepat," ucapnya.

 

 

Koropak.co.id - Di Kota Tasikmalaya, Gugus Tugas Covid-19 Dibentuk Sampai Tingkat RW

 

Baca : Jumlah Pasien Positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya Kembali Bertambah


Sementara itu, berdasarkan data terbaru Sabtu (4/4/2020) hingga pukul 08.00 WIB, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kota Tasikmalaya sebanyak 416 orang dengan rincian 273 orang masih dalam pemantauan dan 143 orang selesai pemantauan.

Kemudian untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kota Tasikmalaya sebanyak 15 orang dengan rincian 3 orang masih dalam pengawasan, 11 orang selesai pengawasan dan 1 orang meninggal dunia. Sedangkan untuk pasien positif, tercatat sebanyak 6 orang, dengan rincian 4 orang dalam perawatan, 1 orang sembuh dan 1 orang meninggal dunia.*

 

Lihat : Walikota Tasikmalaya, Mari Bersama Putus Mata Rantai Sebaran Covid-19

 


Berita Terkait