Ini Cara Memakai Masker yang Benar Sesuai Arahan Tim Satgas Covid-19

Minggu, 05 April 2020 20:09 Clara Aditia Nasional

Ini Cara Memakai Masker yang Benar Sesuai Arahan Tim Satgas Covid-19

 

Koropak.co.id - Di tengah pandemi Covid-19, ada satu hal penting yang keberadaannya sering dilupakan namun sangatlah dibutuhkan. Ya, masker kesehatan. Dalam berbagai anjuran kesehatan, masker jadi kunci utama yang harus dimiliki masyarakat, apalagi bagi mereka yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terutama mereka yang menjadi suspect positif Covid-19.

Masker yang ada di pasaran sangatlah beragam. Setidaknya, ada empat jenis masker yang beredar, yaitu masker kain, masker bedah, masker N95, dan respirator mask atau full-face mask.

Namun sayangnya, dikarenakan pandemi Covid-19 yang terus berkembang, menyebabkan adanya panic buying terhadap masker sehingga saat ini masker menjadi barang langka di pasaran. Terkecuali masker kain yang dibuat para produsen rumahan.

Masyarakat dapat menggunakan masker kain di tempat umum dan fasilitas lain. Akan tetapi para pengguna masker kain juga masih harus menjaga jarak 1 sampai 2 meter dengan orang lain untuk mencegah penularan virus Corona atau Covid-19. Sebab, penggunaan masker kain sendiri kurang efektif dalam mencegah penularan virus corona, dan hanya bisa digunakan sebagai pilihan terakhir.

Alasannya karena masker kain ini tidak bisa memproteksi masuknya semua partikel virus. Oleh sebab itu masker kain juga tidak disarankan bagi tenaga medis. Sebab sekitar 40 hingga 90 persen partikel bisa menembus masker.

 

 

Koropak.co.id - Ini Cara Memakai Masker yang Benar Sesuai Arahan Tim Satgas Covid-19

 

Baca : Ingat Jangan Merasa Aman Dari Ancaman Virus Hanya Karena Masker Kain


Masker memang sangat penting digunakan orang sakit, terutama mereka yang demam, batuk, dan bersin. Atau mereka yang merawat orang sakit. Namun sebelumnya, mesti dipahami betul cara menggunakan masker yang tepat seperti yang Koropak rangkum dari covid19.go.id ini.

Sebelum memasang masker, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik. Atau bila tidak tersedia, gunakan cairan pembersih tangan yang memiliki kandungan alkhohol minimal 60 persen.

Pasang masker untuk menutupi mulut dan hidung dan pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker. Hindari menyentuh masker saat digunakan. Bila tersentuh, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik atau gunakan cairan pembersih tangan.

Ganti masker yang basah dengan masker baru dan jangan gunakan kembali masker yang sudah dipakai. Untuk membuka masker, lepaskan dari belakang. Jangan sentuh bagian depan masker. Buang segera masker habis pakai di tempat sampah tertutup atau kantong plastik.*

 

Baca pula : Jumlah Pasien Positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya Kembali Bertambah