Pemerintah: Social Distancing Bukan Lagi Imbauan, Tapi Perintah!

Senin, 06 April 2020 13:49 Eris Kuswara Nasional

Pemerintah: Social Distancing Bukan Lagi Imbauan, Tapi Perintah!

 

Koropak.co.id - Tercatat hingga Minggu (5/4/2020) jumlah total kasus pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Indonesia bertambah menjadi 2.273 kasus yang tersebar di 32 provinsi. Hampir setengahnya berasal dari Provinsi DKI Jakarta.

Demikian disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto dalam konferensi pers yang ditayangkan di YouTube BNPB, sebagaimana dihimpun Koropak, Senin (6/4/2020).

"Untuk kasus positif Covid-19 ini tersebar di 32 provinsi di Indonesia, dan Provinsi DKI Jakarta merupakan daerah yang memuat kasus paling banyak, yakni 1.124 kasus. Kemudian diikuti Jawa Barat dengan 252 kasus, dan Jawa Timur dengan 188 kasus," kata Yuri.

Ditambahkan Yuri, sementara itu, untuk jumlah total pasien Covid-19 yang sembuh yakni sebanyak 164 orang. Sedangkan jumlah total pasien yang meninggal dunia sebanyak 198 orang.

 

Baca : Pasien Positif Covid di Indonesia Capai 2.092 Kasus

 

Yuri juga menegaskan tercatat mulai Minggu (5/4/2020) semua masyarakat harus menggunakan masker saat keluar rumah meski tidak sakit. Hal itu sesuai rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia atau World Helath Organization (WHO).

"Sesuai dengan rekomendasi dari WHO, kita jalankan aturan penggunaan masker untuk semua. Semua harus menggunakan masker," kata Yuri.

Yuri menegaskan, pengugunaan masker sangat penting karena setiap orang tidak pernah tahu di luar banyak orang tanpa gejala padahal mereka adalah sumber penyebaran penyakit.

"Kami ingatkan pula kunci penyelesaian masalah Covid-19 ini ada di tengah masyarakat. Jaga jarak sosial di dalam berkomunikasi. Ingat menjaga jarak sosial bukan lagi sebuah imbauan, melainkan perintah," katanya.* 

 

Baca : Jumlah Pasien Positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya Kembali Bertambah