Bantu Penanganan Covid-19, Anak Bangsa Ciptakan Ventilator Portable

Selasa, 07 April 2020 14:41 Dede Hadiyana Daerah

Bantu Penanganan Covid-19, Anak Bangsa Ciptakan Ventilator Portable


Koropak.co.id - Di tengah langkanya alat-alat untuk penanganan Covid-19, anak bangsa berhasil menciptakan Ventilator Portable, yakni alat bantu pernapasan bagi pasien Covid-19.

Saat ini Ventilator Portable tersebut sedang diuji di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang dibuat dibawah kendali Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sebagai salah satu anggota Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Hal itu dikatakan Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang PS Brodjonegoro selepas pertemuan di Kantor Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Senin (6/4/2020).

"Ventilator ini merupakan satu alat kesehatan yang sangat krusial dalam penanganan Covid-19," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Bantu Penanganan Covid-19, Anak Bangsa Ciptakan Ventilator Portable

 

Baca : Alhamdulillah, Pemkot Tasikmalaya Dapat Bantuan Alat Ventilator

Seiring dengan banyakanya pasien Covid-19, keberadaan ventilator sangat dibutuhkan dalam jumlah yang cukup besar guna menunjang pelayanan dan penanganan kasus covid-19.

"Hingga saat ini, kita terus berupaya membuat Ventilator Portable buatan dalam negeri bersama tim yang dipimpin oleh BPPT. Saat ini sudah diuji oleh para dokter, dan sekarang sedang diuji Kemenkes. Selanjutnya akan diuji kembali di rumah sakit," katanya.

Bambang berharap, dalam waktu dua pekan ini, Ventilator Portable tersebut bisa segera diproduksi dalam jumlah yang besar. Paling tidak, untuk membantu pasien non Intensive Care Unit (ICU) yang membutuhkan bantuan ventilator.

"Selain itu, perlu disampaikan juga Ventilator Portable ini hampir semuanya menggunakan komponen lokal. Jadi, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari ventilator tersebut hampir mencapai 100 persen," ucapnya.*

 

Baca pula : Pemerintah Perbanyak Fasilitas Uji Pemeriksaan Covid-19


Berita Terkait