Corona Jerat Ekonomi Kecil, Mereka Hanya Bisa Pasrah

Jum'at, 10 April 2020 12:00 Clara Aditia Provinsi

Corona Jerat Ekonomi Kecil, Mereka Hanya Bisa Pasrah


Koropak.co.id - Virus Corona atau Covid-19 terus tumbuh, terus menyebar, terus meluas. Hingga berdampak pada berbagai lini kehidupan. Khususnya mereka yang berekonomi kecil, kian tercekik, kian susah dalam menjalani kehidupan. Hingga pada akhirnya, mereka pun hanya bisa pasrah, menanti uluran tangan, mengharap bantuan yang setidaknya dapat menjadi penyambung hidup bagi mereka.

Beranjak dari keprihatinan itulah, Lembaga Kemanusiaan Dompet Dhuafa Jabar terus membagikan sembako kepada warga kecil terdampak wabah Corona. Bahkan hingga menembus ke wilayah Pasir Impun, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung. Sebanyak 100 paket sembako dibagikan di sana.

"Melalui program Tebar Pangan ini, kami terus berupaya agar para dhuafa, pekerja harian, atau mereka yang kini berdiam diri di rumah karena terdampak wabah Covid-19, dapat terpenuhi kebutuhan makanan pokoknya," ujar Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jabar, Andriansyah saat berbincang bersama Koropak, Jumat (10/4/2020).

Andri menuturkan Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia tidak hanya mengancam kesehatan masyarakat, tetapi juga sosial dan ekonomi. Banyak pedagang kecil atau pekerja harian kesulitan karena menurunnya pesanan atau pembeli. Hal ini mengakibatkan kondisi ekonomi masyarakat lesu.

"Bagi mereka yang mampu, ketika social distancing, bisa menyetok makanan di rumah. Lantas, bagaimana nasib si miskin? Yang selalu cemas memikirkan 'makan apa saya hari ini'," kata Andri.

 

Koropak.co.id - Corona Jerat Ekonomi Kecil, Mereka Hanya Bisa Pasrah

 

Baca : Corona Makan Korban Ribuan Pekerja Kota Tasikmalaya Dirumahkan

 

Sementara itu, atas donasi Dompet Dhuafa Jabar yang disalurkan pada Kamis (9/4/2020), Camat Mandalajati Yana Rusmulyana menyampaikan terimakasih atas program Tebar Pangan Dompet Dhuafa Jabar di tengah Pandemi Covid-19.

"Terimakasih Dompet Dhuafa Jabar dan para agnia yang berdonasi. Di tengah kondisi seperti ini memang perlu adanya kolaborasi dan dukungan semua pihak. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi warga kami di Kecamatan Mandalajati,” ujar Yana.

Salah seorang penerima program Tebar Pangan, Kiswantini mengaku merasa terbantu. Dirinya mengaku terharu karena saat ini dirinya tengah hidup dalam keprihatinan akibat kondisi ekonomi yang turun drastis, imbas dari wabah Covid-19.

"Alhamdulillah, terimakasih banyak kepada para donatur Dompet Dhuafa Jabar. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi saya, sangat saya butuhkan," ujar Kiwantini yang kesehariannya berjualan nasi kuning tersebut.*

 

Baca : Masyarakat Tetap Tinggal di Rumah Pemerintah Sejatinya Paham Konsekuensi

 


Berita Terkait