Tekan Sebaran Covid-19, Kelurahan Tawangsari Gebyarkan Lagi Siskamling

Senin, 13 April 2020 11:00 Clara Aditia Desa

Tekan Sebaran Covid-19, Kelurahan Tawangsari Gebyarkan Lagi Siskamling


Koropak.co.id - Pandemi Corona masih terus tumbuh dan terus menghantui masyarakat. Oleh sebab itu, segala upaya terus dilakukan oleh pemerintah untuk menekan penyebaran Corona. Bahkan kini program yang ada menjadi terpadu dari tingkat pemerintah pusat hingga ke kelurahan demi percepatan penanganan Covid-19.

Seperti halnya di Kelurahan Tawangsari Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya yang kembali menggiatkan Siskamling di 11 RW yang ada di Kelurahan Tawangsari mulai Minggu (12/4/2020).

Dikonfirmasi Koropak, Senin (13/4/2020), Lurah Tawangsari Rohman, S.IP menuturkan pada kegiatan malam Senin tersebut, pihaknya bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas melakukan monitoring petugas siskamling di Pos Ronda yang ada di seluruh wilayah di Kelurahan Tawangsari.

"Dalam kegiatan tersebut, kami juga sekalian memantau warga yang datang dari luar kota, dan menyisir kerumunan warga untuk dibubarkan demi menjaga risiko penyebaran Covid-19," katanya.

Siskamling juga, kata Rohman, sekaligus bertujuan memantau warga pendatang dari luar kota. Agar semua yang datang ke Tawangsari dapat terdata dan terlaporkan. Jikapun warga pendatang tersebut sakit, dikoordinasikan langsung dengan petugas medis untuk ditindaklanjuti.

"Pendatang ke Kelurahan Tawangsari memang ada, tapi tidak terlalu banyak. Kita sudah mengimbau RT dan RW untuk cekatan mendata setiap ada pendatang baru," katanya.

 

Koropak.co.id - Tekan Sebaran Covid-19, Kelurahan Tawangsari Gebyarkan Lagi Siskamling

 

Baca : Arahkan Agar Tidak Berkerumun, Sweeping Rutin Digelar di Kelurahan Tawangsari

 

Mengantisipasi lonjakan pemudik dari zona merah yang tetap memaksakan mudik ke Kota Tasikmalaya, khususnya ke Kelurahan Tawangsari, dikatakan Rohman sudah diantisipasi dengan mengimbau seluruh RW dan RT agar dapat memberikan penyuluhan kepada warganya agar bisa disampaikan kembali ke keluarganya yang hendak mudik ke Tawangsari, untuk tidak memaksakan mudik.

"Jika sayang keluarga, jangan memaksakan mudik. Sebab bisa jadi pemudik tersebut menjadi carier atau pembawa wabah Covid-19 sehingga justru malah akan menumbuhkan sebaran Covid-19 di Tawangsari," katanya.*

 

Baca pula : Duh! Jumlah Pasien Positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya bertambah 1 Orang