Dinsos Kota Tasikmalaya Hentikan Sementara Penanganan Anak Jalanan

Rabu, 15 April 2020 17:34 Erni Nur'aeni Daerah

Dinsos Kota Tasikmalaya Hentikan Sementara Penanganan Anak Jalanan

 

Koropak.co.id - Penyebaran wabah virus Corona (Covid-19) di Kota Tasikmalaya turut berdampak pada program penanganan anak punk dan anak jalanan yang harus dihentikan untuk sementara sampai keadaan kembali normal.

Berbincang bersama Koropak, Rabu (15\4\2020) Kepala Dinas Sosial Kota Tasikmalaya Nana Rosadi mengatakan meskipun program penanganan anak punk dari Kodim sedang dihentikan sementara, namun Dinsos Kota Tasikmalaya tetap melakukan pendataan terhadap mereka dan kurang lebih yang telah didata sekitar lebih 182 orang.

"Kita juga menyiapkan ruang isolasi untuk mereka jika ada dari mereka yang terinfeksi virus Corona, yakni di Loka Bina Karya (LBK)," katanya.

 

Baca : Kota Tasikmalaya Satu Langkah Lagi Menjadi Zona Merah


Bukan tidak mungkin, kata Nana, dengan kehidupan mereka yang terus berkelompok di jalanan, akan berpotensi terkena virus.

"Namun untuk meminimalisasi, kita beri mereka, khususnya anak jalanan yang kita bina, perlindungan dasar berupa masker," katanya.

Selain pendataan, kata Nana, dlakukan pula reunifikasi, mengembalikan mereka kepada orangtuanya. Kemudian mendaftarkan status kependudukan mereka di RT dan RW setempat*

 

Baca : Memprihatinkan Anak Jalanan Didominasi Anak Usia di Bawah Umur