Pemkab Tasikmalaya Tak Larang Salat Jumat, DMI Salurkan Cairan Disinfektan

Jum'at, 17 April 2020 15:37 D. Farhan Kamil Daerah

Pemkab Tasikmalaya Tak Larang Salat Jumat, DMI Salurkan Cairan Disinfektan


Koropak.co.id - Meski jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Tasikmalaya mengalami peningkatan, namun Pemkab Tasikmalaya hingga saat ini belum mengeluarkan larangan salat berjemaah atau salat Jumat di masjid.

Hal itu diperkuat dengan terbitnya Peraturan Bupati Tasikmalaya nomor 25 tahun 2020 tentang pelaksanaan salat berjemaah di masjid dan salat Jumat dalam situasi terjadinya wabah Covid-19 tertanggal 13 April 2020.

Walaupun tidak ada larangan, tetapi Bupati Tasikmalaya menekankan kepada warga yang tetap menunaikan salat berjemaah maupun salat Jumat, agar melaksanakan protokol kesehatan dengan baik dan benar.

 

Baca : Di Tasikmalaya Jemaah Salat Jumat Diperiksa Suhu Tubuh

 

Antara lain, menjaga jarak (physical distancing), mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir sebelum wudu, membawa alat sujud sendiri, menggunakan masker, tidak bersalaman/ mushofahah dan khotbah dipersingkat.

Bupati juga meminta bagi orang yang sedang sakit seperti gejala Covid-19 atau yang baru datang dari daerah zona merah, agar bijak untuk memilih salat di rumah. Termasuk bupati meminta kepada imam atau tokoh setempat untuk mempertimbangkan pelaksanaan salat berjemaah atau salat Jumat di masjid jika di daerah tersebut banyak warga yang mudik dari luar kota.

 

 Koropak.co.id - Pemkab Tasikmalaya Tak Larang Salat Jumat, DMI Salurkan Cairan Disinfektan

 

 

Baca : Wacana Peniadaan Sementara Ibadah Salat Jumat Dapat Penolakan


Guna menopang imbauan bupati, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Tasikmalaya menyalurkan cairan disinfektan ke seluruh masjid besar dan DKM Jami di 351 desa dan 39 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya termasuk masjid Baiturrahman di Komplek Perkantoran Pemkab Tasikmalaya, Jumat (17/4/2020).

"Menindaklanjuti imbauan bupati kami DMI Kabupaten Tasikmalaya, membagikan cairan disinfektan ke 3.945 masjid. Kami meminta agar seluruh masjid tetap disterilisasi sesering mungkin. Masyarakat juga diharapkan mematuhi imbauan bupati dengan baik dan utuh," kata Ketua DMI Kabupaten Tasikmalaya, KH. Dede Saeful Anwar, seusai melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan di masjid Baiturrahman Kabupaten Tasikmalaya.

Ditambahkan, DMI juga mengimbau agar para khatib untuk mempersingkat materi khotbah dalam setiap pelaksanaan Jumat.*

 

Baca pula : Acep Zoni Saeful Mubarok Syaban dan Uzlah Corona

 


Berita Terkait