Isolasi Mandiri, PB IDI Pastikan Pasien Terlayani Lewat Telemedis

Jum'at, 17 April 2020 19:20 Eris Kuswara Nasional

Isolasi Mandiri, PB IDI Pastikan Pasien Terlayani Lewat Telemedis


Koropak.co.id - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M Faqih mengatakan, hingga saat ini para tenaga kesehatan atau dokter akan selalu memantau kesehatan masyarakat Indonesia yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing melalui layanan konsultasi medis jarak jauh atau telemedis.

“Bagi masyarakat yang diminta untuk mengisolasi diri di rumah, tidak perlu khawatir. Sebab petugas kesehatan dan pemerintah, akan tetap bersama masyarakat dan tidak ditinggal sendirian. Kami tentunya akan tetap mengawasi dan melakukan observasi, sehingga dapat memantau perkembangannya,” kata Daeng dalam konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, sebagaimana dihimpun Koropak, Jumat (17/4/2020).

Ditambahkan Daeng, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga telah bekerjasama dengan hampir seluruh penyedia jasa layanan telemedis untuk menyediakan konsultasi kesehatan secara jarak jauh.

 

Baca : Pasien Positif Corona di Indonesia Melonjak Hingga 5.923 Kasus

 

Oleh sebab itu, Daeng meminta agar masyarakat yang mengisolasi diri di rumah untuk tidak segan-segan menggunakan layanan telemedis tersebut.

"Layanan telemedis ini sangat efektif dan efisien bagi mereka yang menjalani isolasi mandiri. Bagi yang menjalani masa isolasi mandiri, kami mohon kesabarannya, dan mematuhi apa yang sudah diminta oleh petugas kesehatan secara tertib untuk diam di rumah saja, tetap menjaga kebersihan dan kesehatan, serta jaga pula stamina yang baik,” ujarnya.*

 

Baca : Perawat di Kuwait Peduli Petugas Medis Covid-19 di Tasikmalaya