Saatnya Cepat Tanggap di Tengah Wabah Corona, Jangan Biarkan Mereka Lapar

Jum'at, 17 April 2020 23:10 Erni Nur'aeni Daerah

Saatnya Cepat Tanggap di Tengah Wabah Corona, Jangan Biarkan Mereka Lapar

 

Koropak.co.id - Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggelar Operasi Makan Gratis guna menyasar warga pra sejahtera terutama mereka yang terdampak Pandemi Corona, untuk diberikan makanan gratis.

Aksi yang digelar di wilayah Kelurahan Tawangsari Kecamatan Kota Tasikmalaya, Jumat (17/4/2020) tersebut, dilakukan di beberapa tempat seperti di warung nasi yang ada di Kompleks Dadaha, Warung Nasi Simpang Lima dan Warung Nasi Tawangsari.

Aksinya, misalnya saat berada di Warung Nasi Sindang Heula yang berlokasi di Kelurahan Tawangsari, dekat Stasiun Kereta Api, ACT membeli paket makanan hingga 50 bungkus dan disebarkan ke masyarakat di lingkungan sekitar yang membutuhkan.

Lurah Tawangsari, Rohman, S.IP mengaku sangat mendukung aksi dari ACT sebagai upaya membantu masyarakat pra sejahtera bisa mendapatkan makanan secara gratis.

"Kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan sebab masih banyak warga pra sejahtera, yang perlu dibantu. Diharapkan seluruh masyarakat tergerak untuk dapat menyisihkan rezekinya untuk menolong mereka yang membutuhkan uluran tangan," katanya.

 

Baca : Corona Ternyata Negatif Kesusahan Rakyat Malah Positif

 

Kepala Cabang ACT Tasikmalaya, Taufik Perdana mengatakan Operasi Makan Gratis tersebut memiliki dua sasaran, yaitu pemilik warung nasi atau pelaku usaha kecil yang juga terkena dampak Corona dan kaum pra sejahtera yang membutuhkan bantuan.

"Jadi, warung nasinya hidup karena kita borong paket makanannya di sana. Juga masyarakat pra sejahtera terbantu karena mereka dibagikan makanan gratis. Intinya, jangan ada yang kelaparan meski kita tengah berada di kondisi pandemi Corona," katanya.

Dikatakan Taufik, pihaknya berkeinginan melaksanakan aksi tersebut secara rutin. Minimal sehari terdapat 100 paket nasi yang dibagikan dan dua warung nasi yang dibantu.

"ACT pun mempunyai peran dalam hal edukasi dan pencegahan. Sehingga memiliki program untuk penyuluhan kepada masyarakat mengenai wabah virus Corona. ACT juga turut menggencarkan penyemprotan disinfektan sebagai bagian dari upaya pencegahan penyebaran virus Corona," katanya.

Bahkan, ACT juga memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan multivitamin ke RS Jasa Kartini dan RSUD dr. Soekardjo sebagai dukungan bagi tim medis selama beroperasi menangani pasien positif Corona.

 

Koropak.co.id - Saatnya Cepat Tanggap di Tengah Wabah Corona, Jangan Biarkan Mereka Lapar

 

Baca : Bersama ACT Grab Bike dan Grab Car Disemprot Disinfektan

 

Pemilik Warung Nasi Sindang Heula yang berada di Jalan Stasiun Kota Tasikmalaya, Lela Melasari mengaku sangat terbantu dengan adanya aksi dari ACT mengingat penghasilannya selama wabah Corona jauh menurun dibanding dengan biasanya.

"Alhamdulillah adanya aksi dari ACT ini, usaha warung nasi kita terbantu. Jika biasanya usaha warung nasinya ramai dengan penumpang kereta yang turun di Tasikmalaya. Kini sepi karena tidak ada penumpang kereta yang turun di Tasikmalaya. Semoga wabah Corona ini bisa segera diatasi dan saya bisa kembali berdagang seperti sedia kala," ujar Lela.*

 

Baca : Di Tengah Wabah Corona, Pemkot Tasikmalaya Ajak Masyarakat Berzikir

Lihat : Banyak Warga Tasikmalaya Minim Pemahaman Hadapi Wabah Corona