Meningkat! Pasien Positif Corona di Kota Tasikmalaya Kini Menjadi 27 Orang

Sabtu, 18 April 2020 14:16 Eris Kuswara Daerah

Meningkat! Pasien Positif Corona di Kota Tasikmalaya Kini Menjadi 27 Orang


Koropak.co.id - Tercatat hingga hari ini Sabtu (18/4/2020) jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Corona di Kota Tasikmalaya mengalami peningkatan menjadi 27 kasus. Jumlah tersebut bertambah 2 orang dari data sehari sebelumnya yang sudah 25 orang.

Dari ke-27 pasien positif tersebut, 21 orang di antaranya saat ini masih dalam perawatan, 5 orang sembuh dan 1 orang meninggal dunia. Kemudian untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga mengalami kenaikan menjadi 1.020 orang dengan rincian 324 orang masih dalam pemantauan dan 696 orang selesai pemantauan.

Kenaikan juga turut terjadi pada Orang Tanpa Gejala (OTG), tercatat hingga hari ini sebanyak 269 orang OTG dengan rincian 116 masih dalam pemantauan dan 153 orang selesai pemantauan.

Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), jumlah totalnya saat ini mencapai 24 orang dengan rincian 2 orang masih dalam pengawasan, 20 orang selesai pengawasan dan 2 orang meninggal dunia.

"Lonjakan jumlah kasus pasien yang positif tersebut berdasarkan hasil tracking dari klaster yang memang menjadi kelompok berisiko tinggi. Seperti adanya pasien PDP yang memang naik statusnya jadi pasien positif. Akan tetapi kebanyakan merupakan hasil tracking di lapangan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr. Uus Supangat, Sabtu (18/4/2020).

 

 

Koropak.co.id - Meningkat! Pasien Positif Corona di Kota Tasikmalaya Kini Menjadi 27 Orang

 

Baca : Alumni Akabri Udara Ajak Warga Tasikmalaya Bersama Lawan Corona

 

Ditambahkan Uus, lonjakan jumlah kasus juga terjadi dikarenakan efek tingkat keterbukaan warga kepada petugas yang melakukan tracking meningkat. Sebab beberapa waktu sebelumnya, masih ada sebagian warga yang diduga terinfeksi Corona namun ketika di tracking, mereka cukup tertutup.

"Sementara untuk lonjakan jumlah ODP di Kota Tasikmalaya disebabkan oleh jumlah perantau dari wilayah zona merah terus berdatangan ke Kota Tasikmalaya. Namun semuanya terus kita pantau," ucapnya.

Uus menuturkan, untuk pasien dengan kondisi parah, mereka akan ditempatkan di RSUD dr Soekardjo yang merupakan rumah sakit rujukan. Sedangkan untuk pasien dengan kondisi ringan, mereka akan ditempatkan di rumah sakit pendukung, termasuk Rumah Sakit Islam (RSI) Tasikmalaya.*

 

Baca : Saatnya Cepat Tanggap di Tengah Wabah Corona Jangan Biarkan Mereka Lapar


Berita Terkait