Jelang Ramadan, Stok Pangan di Kota Tasikmalaya Dipastikan Aman

Minggu, 19 April 2020 14:07 Eris Kuswara Daerah

Jelang Ramadan, Stok Pangan di Kota Tasikmalaya Dipastikan Aman

 

Koropak.co.id - Walikota Tasikmalaya, Drs. H. Budi Budiman memastikan stok pangan untuk Ramadan aman tercukupi, sehingga masyarakat tidak perlu panic buying dan melakukan belanja secara berlebihan yang justru akan menyebabkan inflasi naik.

Kepastian tersebut didapat setelah Walikota bersama Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Tasikmalaya Tedi Setiadi melaksanakan kegiatan Panen Raya Padi di Sambong Bencoy Gunung Congkok Kelurahan Sambongjaya Kecamatan Mangkubumi, Sabtu (18/4/2020) kemarin.

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan yang dihimpun Koropak, Minggu (19/4/2020) untuk panen raya padi kali ini mencapai 12.758 ton dari lahan seluas 2.126 hektare yang tersebar di seluruh wilayah di Kota Tasikmalaya.

"Dengan adanya panen raya kali ini, membuktikan bahwa Kota Tasikmalaya mampu untuk menyediakan stok bahan pangan meski tengah berada di masa Pandemi Corona. Kami ucapkan terimakasih kepada para petani Kota Tasikmalaya yang telah memberikan sumbangsihnya dengan menyediakan bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Tasikmalaya," kata Walikota.

 

Koropak.co.id - Jelang Ramadan, Stok Pangan di Kota Tasikmalaya Dipastikan Aman

 

Baca : Untuk Kota Tasikmalaya, Tok Beras di Bulog Capai 4.000 Ton

 

Dikatakan Walikota, para petani merupakan pahlawan pangan, oleh sebab itu pemerintah mengharapkan agar para petani mampu menjalin komunikasi yang baik dengan para penyuluh lapangan pertanian apabila ada permasalahan di lapangan.

Walikota menuturkan, meskipun Kota Tasikmalaya bukan merupakan kota agraris, namun pemerintah terus berupaya agar produktivitas padi terus meningkat, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

"Oleh sebab itu, salah satu upayanya adalah dengan meningkatkan produksi pangan dengan cara memanfaatkan lahan kering di wilayah Setiawargi yang merupakan hasil kerjasama Pemerintah Kota Tasikmalaya dan Perhutani," katanya.

Lahan kering seluas 10 hektar ini bisa dimanfaatkan sebagai lahan persawahan. Sehingga diharapkan agar masyarakat tidak berorientasi kepada lahan persawahan basah saja.*

 

Baca : Tetap Bijak Dalam Pola Konsumsi Stok Bahan Pokok di Kota Tasikmalaya Aman


Berita Terkait