Dampak Ekonomi Akibat Corona, Jaga Ketahanan Pangan Kota Tasikmalaya

Rabu, 22 April 2020 11:51 Clara Aditia Parlemen

Dampak Ekonomi Akibat Corona, Jaga Ketahanan Pangan Kota Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya, Ir. Tjahja Wandawa menegaskan agar pergeseran anggaran di tubuh Pemerintah Kota Tasikmalaya tidak latah yang membuat segala sesuatu digeser langsung untuk penanganan Corona.

Demikian disampaikan Tjahja selepas Rapat Banggar DPRD Kota Tasikmalaya yang dilangsungkan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Selasa (21/4/2020).

"Latah di sini, misalnya anggaran di Dinas Ketahanan Pangan untuk program bantuan pengembangbiakan ayam petelur dan ikan. Itu justru jangan diganggu dan digeser untuk alokasi pembelian masker. Program tersebut justru sekarang dibutuhkan untuk membangun kembali perekonomian melalui ketahanan pangan," katanya.

 

Baca : Dampak Covid-19 Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Kian Kompleks

 

Tjahja juga menyoroti pergeseran anggaran hingga besaran Rp 2 milyar untuk 750.000 masker. Justru yang diharapkannya, ada pergeseran untuk bantuan kemanusiaan sebab berdasarkan analisa, saat ini wabah Corona tidak hanya menjadi bencana kesehatan, namun juga telah bergeser menjadi bencana kemanusiaan seiring dengan dampak buruk terhadap perekonomian masyarakat.

"Ya kecuali untuk Alat Pelindung Diri (APD) secara lengkap, its ok lah. Tapi ini kan, untuk masker, handsanitizer, kenapa tidak untuk kemanusiaan sebab banyak masyarakat yang merasakan dampak buruk Corona terhadap perekonomiannya. Banyak yang harus kehilangan penghasilan, bahkan banyak karyawan yang telah dirumahkan," katanya.

 

Baca : Jangan Sampai Pandemi Corona Bergeser Jadi Bencana Kemanusiaan

 

Akan lebih baik lagi, kata Tjahja, jika disisihkan untuk mengedukasi masyarakat soal Corona. Toh, masih banyak masyarakat yang belum paham soal dampak-dampak Corona, protokol kesehatan yang harus ditaati, hingga pencegahan yang bisa dilakukan oleh masyarakat.

"Mereka masih perlu diedukasi, bagaimana menerapkan pola hidup sehat, cuci tangan dengan sabun, minum vitamin C, E, dan multivitamin. Hal demikian sangat perlu disampaikan kepada masyarakat agar mereka benar-benar paham soal wabah Corona. Kenapa tidak untuk dianggarkan ke sana," katanya.*

 

Baca : Tangani Dampak Covid 19, Rasionalisasi APBD 2020 Bisa Mencapai 50 Persen