Jelang Ramadan, Harga Bahan Pokok Stabil, Harga Jengkol Cenderung Naik

Kamis, 23 April 2020 03:38 Eris Kuswara Daerah

Jelang Ramadan, Harga Bahan Pokok Stabil, Harga Jengkol Cenderung Naik

 

Koropak.co.id - Sehari menjelang bulan Ramadan, harga kebutuhan bahan pokok di Kota Tasikmalaya, khususnya di Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya masih tergolong stabil. Kenaikan justru hanya terjadi pada 1 item saja yakni komoditi jengkol.

Tim Monitoring UPTD Pasar Cikurubuk, Siti mengatakan berdasarkan hasil pantauan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya, untuk stok kebutuhan pokok sementara menjelang bulan Ramadan dipastikan aman.

"Bahkan untuk komoditi kebutuhan pokok, baik dari pemasok ataupun stok yang ada di gudang masih aman dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadan," kata Siti.

Ditambahkan Siti, untuk harga kebutuhan pokok menjelang Ramadan sampai saat ini masih stabil, mulai dari sayuran, lauk pauk, gula pasir, telur dan lainnya.

"Sampai hari ini, hanya 1 item saja yang mengalami kenaikan yaitu dari komoditi jengkol dari harga awal dijual Rp 28.000 kini menjadi Rp 32.000. Meskipun naik, tidak ada penurunan stok dan pasokannya juga masih aman," ucapnya.

 

Jelang Ramadan, Harga Bahan Pokok Stabil, Harga Jengkol Cenderung Naik


Baca : Jangan Cemas Harga Bahan Pokok di Pasar Cikurubuk Masih Stabil


Salah seorang pedagang komoditas jengkol di Pasar Cikurubuk, Amas Iskandar menuturkan, saat ini untuk harga jengkol di tempatnya mengalami kenaikan dari Rp 18.000 jadi Rp 30.000 per kilogram untuk ukuran besar.

"Untuk jengkol ukuran kecil juga mengalami kenaikan dari Rp 16.000 menjadi Rp 20.000. Kenaikan harga dari jengkol ini sendiri baru berjalan 4 hari. Justru ynag dikeluhkan bukanlah kenaikan harga jengkol namun sepinya pengunjung akibat Pandemi Corona. Saya berharap wabah ini segera berakhir," tutur Amas.*

 

Baca : Dampak Ekonomi Akibat Corona Jaga Ketahanan Pangan Kota Tasikmalaya