Jaring Pengaman Sosial Bantu Masyarakat Terdampak Corona

Kamis, 23 April 2020 05:08 Eris Kuswara Daerah

Jaring Pengaman Sosial Bantu Masyarakat Terdampak Corona


Koropak.co.id - Terkait dengan akan disalurkannya bantuan untuk Jaring Pengaman Sosial bagi masyarakat yang terdampak Covid-19, DPRD Kota Tasikmalaya mengingatkan pemerintah untuk melakukan validasi terhadap masyarakat terdampak Corona.

"Untuk penanggulangan Pandemi Corona, sudah dianggarkan dalam pergeseran anggaran 50 persen, yang salah satu poinnya adalah Jaring Pengaman Sosial untuk warga terdampak Corona," kata Ketua Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya, Andi Warsandi saat berbincang bersama Koropak di Ruang Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Tasikmalaya, Rabu (22/4/2020).

Saat ini, kata Andi, pemerintah sedang melakukan validasi untuk sebuah intervensi, advensi dan empati dalam Jaring Pengaman Sosial agar bisa tepat sasaran. Semoga saja pendataannya cepat selesai sehingga dapat segera diformulasikan besaran bantuannya.

"Dengan adanya bantuan tersebut, membuat membangkitkan optimisme bahwa pemerintah bersama masyarakat bisa melawan Corona. Kami turut mendorong Jaring Pengaman Sosial untuk PKH dan masyarakat yang terdampak Covid-19 agar bisa segera memasuki tahap perhitungan final agar bisa segera diluncurkan setelah validasi datanya selesai," katanya.


Baca : Kesadaran Memakai Masker Warga Kota Tasikmalaya Masih Rendah


Bantuan tersebut, kata Andi, merupakan stimulan di saat Pandemi Corona terjadi. Bahkan diharapkan pula pendistribusiannya bisa lancar dan tepat sasaran.

"Semoga meskipun nilainya jauh dari harapan tetapi bisa memberikan manfaat nyata bagi masyarakat," ucapnya.

Terkait masih banyaknya masyarakat yang membandel, dewan mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang ada. Sebab akan dapat menekan angka penularan yang Covid-19.

"Kepatuhan tersebut menjadi kesadaran kolektif kita bersama agar Pandemi Corona bisa segera selesai. Jika masyarakat tidak patuh, tidak tertib, masih banyak yang berkeliaran, tidak memakai masker, bahkan berkerumun, justru akan membuat sebaran wabah Corona semakin meluas," ujarnya.*


Lihat : Banyak Warga Tasikmalaya Minim Pemahaman Hadapi Wabah Corona