Ramadan di Tengah Pandemi Virus Corona, Bermakna Lebih Istimewa

Kamis, 23 April 2020 14:22 Clara Aditia Parlemen

Ramadan di Tengah Pandemi Virus Corona, Bermakna Lebih Istimewa


Koropak.co.id - Ramadan tinggal menghitung hari. Bulan yang dirindukan umat muslim di seluruh penjuru dunia segera tiba. Namun Ramadan kali ini dirasa berbeda mengingat saat ini, hampir seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia, tengah dilanda pandemi virus Corona.

Jelas akan banyak perbedaan yang dirasakan. Namun jika mampu melihat dari sisi lain, bulan Ramadan di tengah Pandemi Virus Corona terasa lebih istimewa sebab keimanan umat muslim akan semakin diuji, sejauh mana ia mendekatkan diri dengan Sang Pencipta, dan sejauh mana keteguhan doa agar Pandemi Virus Corona ini segera berakhir.

Berbincang bersama Koropak, Selasa (21/4/2020), Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya, Ir. Tjahja Wandawa berpandangan Pandemi Virus Corona tidak hanya menyerang fisik, namun juga pikiran.

"Justru menurut pandangan kami, di momentum Ramadan ini, warga muslim mesti bisa memanfaatkannya menjadi sarana untuk menenangkan pikiran, banyak berdiam diri di rumah, serta perbanyak doa dan sembahyang agar Pandemi Virus Corona ini segera berakhir," katanya.

 

Baca : Raih Hikmah Ramadan Meski Tengah Berada di Masa Pandemi Corona

 

Bahkan, Tjahja juga berpandangan Ramadan kali ini dapat dijadikan introspeksi atas perbuatan yang telah dilakukan. Termasuk dalam menyebarkan berita Hoax, bahkan sampai membuat berita Hoax tentang Corona.

"Marilah introspeksi. Saring sebelum sharing sangatlah perlu dilakukan. Jangan buat statement-statement yang bisa buat masyarakat panik, tapi yang bisa buat masyarakat lebih tenang," katanya.

Tjahja juga berpesan meski berpuasa saat Ramadan, tetap patuhi protokol dan aturan yang telah disampaikan pemerintah, seperti menaati aturan Social dan Physical Distancing, menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), selalu mencuci tangan dengan sabun, serta wajib menggunakan masker saat berada di luar rumah.

"Dengan demikian, kita tetap berjuang bersama melawan Corona meski memasuki masa Ramadan," tutur Tjahja.*

 

Baca : Pemerintah Kota Tasikmalaya Tengah Fokus Pada Penanganan Langsung Covid-19