Warga Tarogong Kaler dan Cikajang Menambah Positif Corona di Kabupaten Garut

Jum'at, 24 April 2020 19:57 Clara Aditia Daerah

Warga Tarogong Kaler dan Cikajang Menambah Positif Corona di Kabupaten Garut

 

Koropak.co.id - Terlepas dari pemberitaan isolasi satu desa di Kabupaten Garut, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Garut menyatakan ada penambahan pasien positif di Kabupaten Garut.

Satu pasiien positif atau KC-5 merupakan warga asal Kecamatan Tarogong Kaler. Sebelumnya, telah ditetapkan sebagai ODP. Kemudian diperiksa rapid test pada 6 April 2020 dan dinyatakan Reaktif, dan pada saat itu pula KC-5 diambil swab untuk diperiksakan PCR di Bandung.

Selanjutnya yang bersangkutan melaksanakan isolasi secara mandiri. Namun per Kamis (23/4/2020) berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium swab dinyatakan positif dan saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

Juru Bicara Tim Gugus tugas Covid-19 Kabupaten Garut, Ricky Rizki Darajat menuturkan untuk pasien positif selanjutnya atau KC-6 merupakan warga Kecamatan Cikajang. Setelah ditetapkan sebagai ODP pasca perjalanan dari negara Nepal tanggal 24 Maret 2020, dinyatakan Reaktif pada 6 April 2020 dan diambil swab pada 8 April 2020.

"Per hari ini ditetapkan sebagai KC-6 dan telah mendapatkan penanganan di rumah sakit," katanya.

 

Baca : Korpri Berbagi Untuk Penanganan Corona Kabupaten Garut

 

Warga Tarogong Kaler dan Cikajang Menambah Positif Covid 19 di Kabupaten Garut

 

Ricky juga menyampaikan berita duka seiring dengan adanya 1 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) warga Kecamatan Wanaraja yang baru masuk ruang isolasi pada 22 April 2020, pada Jumat (24/4/2020) dinyatakan meninggal dunia dengan dugaan penyakit penyerta lainnya berupa gangguan paru-paru dan imunitas disertai gagal pernafasan.

"Jenazah PDP tersebut telah dilakukan tatalaksana pemakaman sesuai protokol kesehatan dan dimakamkan di kampung halamannya di Kecamatan Wanaraja. Dengan meninggalnya satu pasien tersebut, sudah 8 orang PDP meninggal sejak ditemukan kasus pertama PDP di Kabupaten Garut pada Maret 2020," katanya.

Rick menambahkan, perkembangan kasus Corona di Kabupaten Garut terdiri atas Orang Tanpa Gejala (OTG) 438 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 2.217 kasus, PDP sebanyak 46 kasus, dan konfirmasi positif 6 kasus terdiri atas 4 dalam perawatan di RSUD dr. Slamet, 1 kasus Isolasi mandiri di rumah menunggu hasil laboratorium dan 1 kasus meninggal.*


Baca : Bupati Garut Lantik Wakil Direktur Pelayanan RSUD dr Slamet Garut


Berita Terkait