Bantuan Sosial Pemkot Tasikmalaya Untuk 17.590 KK, Cair Dalam Tiga Tahap

Minggu, 10 Mei 2020 21:15 Eris Kuswara Daerah

Bantuan Sosial Pemkot Tasikmalaya Untuk 17.590 KK, Cair Dalam Tiga Tahap


Koropak.co.id - Dalam rangka memberikan arahan terkait dengan mekanisme penyerahan bantuan sosial bagi masyarakat yang terkena dampak Covid-19 di Kota Tasikmalaya, Walikota Tasikmalaya, Drs H Budi Budiman melaksanakan kegiatan video conference dengan para Camat dan Lurah se-Kota Tasikmalaya di Kantor Balekota Tasikmalaya, Minggu (10/5/2020).

Dalam video conference tersebut, Walikota berpesan kepada para Camat dan Lurah di wilayah Kota Tasikmalaya agar dapat membantu dengan maksimal untuk pelaksanaan pencairan bantuan sosial yang akan diberikan selama 3 bulan kepada masyarakat. Sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik, tertib dan lancar.

"Terhitung, mulai Senin (11/5/2020) Pemerintah Kota Tasikmalaya akan mulai mencairkan bantuan Non DTKS, dengan Jumlah data Non DTKS di Kota Tasikmalaya yang tercatat sebanyak 103,970 KK. Diketahui, data ini sendiri berasal dari pendataan yang sudah dilakukan Dinas Sosial beserta Lurah, RT dan RW di Kota Tasikmalaya," kata Walikota.

Ditambahkan Walikota, terkait dengan adanya keterbatasan anggaran yang dimiliki, diharapkan masyarakat bisa memahaminya sehingga membuat bantuan pun harus terbagi dari beberapa sumber dan mulai dari 103.970 KK. Ada juga bansos berasal dari APBD Kota Tasikmalaya yakni sebanyak 17.590 KK, sebanyak 35.000 KK dari Provinsi dan sebanyak 51.828 KK dari Kementerian Sosial.

“Alhamdulillah untuk bansos kali ini sudah aman dan anggaran pun sudah cukup. Untuk bentuk bantuannya yaitu berupa uang tunai sebesar Rp 500.000 tanpa dipotong apapun. Sementara itu, untuk penyerahan bansos yang berasal dari APBD Kota Tasikmalaya ini akan dibagi menjadi tiga tahap pencairan," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Bantuan Sosial Pemkot Tasikmalaya Untuk 17.590 KK, Cair Dalam Tiga Tahap

 


Baca : Kerap Ricuh RT/RW Akan Dilibatkan Dalam Pendataan Penerima Bansos

 

Walikota menuturkan, tahap pertama dimulai pada Senin (11/5/2020) yang akan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Cipedes, Purbaratu, Cibeureum dan Tamansari. Kemudian tahap kedua pada Selasa (12/5/2020) untuk wilayah Kecamatan Cihideung, Indihiang dan Kawalu. Terakhir tahap ketiga pada Rabu (13/5/2020) untuk wilayah Kecamatan Tawang, Mangkubumi dan Bungursari.

"Dalam pencairan bantuan ini, kami bekerjasama dengan PT Pos Indonesia. Pada intinya mulai Senin (11/5/2020) pukul 08.00 WIB pagi, para petugas pos akan menyerahkan wesel kepada para penerima bantuan sosial yang tercantum dalam data karena untuk nama dan alamatnya pun sudah lengkap berikut dengan NIK-nya," ujarnya.

Dikatakan Walikota, diketahui pada saat itu juga sudah bisa dilakukan pencairan dengan menyerahkan bukti berupa wesel dan fotocopy KTP dan disertai KK. Dikarenakan KK tersebut dapat dipergunakan sebagai bukti bagi ahli waris jika penerima bantuan telah meninggal dunia.*

 

Baca : DPRD: Penyaluran Bansos Covid-19 di Kota Tasikmalaya Harus Melibatkan RT/RW