Syarat Khusus SIPENCATAR Poltekpel Banten D-III Studi Nautika

Senin, 13 April 2020 10:11 Dede Hadiyana Nasional

Syarat Khusus SIPENCATAR Poltekpel Banten D-III Studi Nautika

 

Koropak.co.id - Sesuai dengan Pengumuman Nomor: PG.034/IV/Poltepel.Btn-2020 tentang Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR) Program Diploma III (D-III) Pembentukan Mandiri Tahun Diklat 2020/2021, Politeknik Pelayaran Banten kembali mengumumkan kepada para putra-putri bangsa Indonesia yang memiliki jiwa bahari dan terpanggil untuk menjadi perwira pelayaran niaga yang profesional.

Dari Program Studi Diploma III (D-III) Pembentukan Mandiri Tahun Diklat 2020/2021 terdiri dari Studi Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajemen Transportasi Laut (MTL) dengan masa studi selama 3 tahun yang meliputi 2 tahun pembelajaran di kampus dan 1 tahun praktek.

Untuk jadwal Sipencatar Program Diploma III Pembentukan Mandiri Tahun Diklat 2020/2021 meliputi Pendaftaran, Seleksi Administrasi, Seleksi Kesemaptaan, Seleksi Kesehatan, Seleksi Akademik, Seleksi Psikotest, Seleksi Wawancara, Pengumuman, Daftar Ulang, Masuk Asrama, Diklat Orientasi Kepelautan (DOK), Masa Dasar Pembentukan Karakter (Madatukar), dan Awal Kegiatan Belajar yang secara keseluruhan, jadwal tersebut dibagi menjadi 2 tahapan. 

Pelaksanaa seleksi sendiri di Politeknik Pelayaran Banten meliputi Seleksi Administrasi yakni pemeriksaan kelengkapan dokumen yang diserahkan kepada panitia, Seleksi Kesehatan meliputi pemeriksaan fisik, Rotgen, Lab, Mata dan THT, Seleksi Kesemaptaan meliputi pengujian ketahanan fisik dan mental berupa lari, Sit-Up, Push-Up, Shuttle-Run, dan Keterampilan bahari. Untuk seleksi yang lainnya yakni Seleksi Akademi meliputi Test Potensi Akademik, kemudian Seleksi Psikotest, dan terakhir Seleksi Wawancara.

 

Baca pula : Poltekpel Banten Buka Pendaftaran Diklat Pelaut V Tahun 2020

 

Sementara untuk biaya pendaftaran dan seleksi diantaranya biaya Pendaftaran sebesar Rp 150.000, biaya Seleksi Akademik RP 195.000, biaya Seleksi Kesehatan Rp 725.000, biaya Seleksi Kesemaptaan RP 210.000, biaya Seleksi Psikotest RP 300.000, dan biaya Seleksi Wawancara sebesar RP 95.000.

Untuk catatan, bagi para calon peserta didik, untuk proses pembayaran pendaftaran dan seleksi dilakukan menggunakan Virtual Account (VA) yang didapatkan setelah proses verifikasi dokumen dinyatakan lengkap serta tempat pendaftaran sendiri dilakukan secara online dengan mengakses website resmi Politeknik Pelayaran Banten di www.poltekpel-benten.ac.id.

 

Koropak.co.id - Syarat Khusus SIPENCATAR Poltekpel Banten D-III Studi Nautika

 

 

Baca : Poltekpel Banten Buka Diklat Pelaut Able Deck Dan Mesin Tahun Diklat 2020

 

Guna menghindari adanya penipuan, pendaftar atau calon taruna dilarang berhubungan dengan orang lain selain petugas pendaftaran resmi. Untuk informasi lebih lengkap dapat ditanyakan langsung ke Sekretariat SIPENCATAR atau melalui website di www.poltekpel-benten.ac.id, Email sipecatar@poltekpel-benten.ac.id, Hanphone 08118693067/ 081290605225 (WhatsApp), Instagram @Politeknikpelayaranbanten, Facebook Poltekpel Banten, Twitter @Poltekpelbanten, dan YouTube Poltekpelbanten.

Semua informasi akan disampaikan melalui website Poltekpel Banten dan diharapkan kepada seluruh peserta calon seleksi wajib mengikuti perkembangan di website. Jika ada keterlambatan informasi akan menjadi tanggung jawab yang bersangkutan.*

 

Baca : Syarat Khusus SIPENCATAR Program D-III Manajemen Transportasi Laut