Laboratorium Pelayaran Poltekpel Banten Siap Mencetak Pelaut Andal

Kamis, 23 April 2020 09:05 Dede Hadiyana Nasional

Laboratorium Pelayaran Poltekpel Banten Siap Mencetak Pelaut Andal

 

Koropak.co.id - Jika dilihat dari sisi prospek lulusan untuk dunia maritim, hingga saat ini di Indonesia yang merupakan negara berkembang, peluang kerja bagi para lulusan sekolah pelayaran khususnya Politeknik Pelayaran Banten masih sangat terbuka lebar.

Pasalnya, berbagai fasilitas yang disediakan di kampus tersebut cukup memadai guna menjadikan lulusan pelaut yang andal, profesional, dan memiliki daya saing baik nasional maupun internasional.

Terdapat beberapa laboratorium yang menjadi pendukung pembelajaran para calon pelaut di Politeknik Pelayaran Banten yakni Laboratorium Survival Trainer dimana disediakan untuk praktek survival di laut yang dilengkapi dengan berbagai jenis peralatan diantaranya Life Raft, Rigid Raft, dan lainnya.

Kemudian, ada Laboratorium Fire Fighting Trainer dimana peserta didik di latih untuk bisa mengatasi saat kapal mengalami kecelakaan kebakaran. Di laboratorium ini terdapat berbagai alat pemadam kebakaran termasuk sistem proteksi kebakaran seperti Co2 Fire Extinguisher, Fire Detector, Foam Fire Extinguisher, dan banyak lagi alat lainnya.

 

Koropak.co.id - Laboratorium Pelayaran Poltekpel Banten Siap Mencetak Pelaut Andal

 

Baca : Syarat Khusus Sipencatar Poltekpel Banten DIII Studi Nautika

Baca : Syarat Khusus Sipencatar Program DIII Permesinan Kapal Poltekpel Banten

 

Tidak hanya itu, terdapat pula Laboratorium Seamanship dimana digunakan untuk praktek yang mencakup praktek tali temali, takal dasar, segel, wire, tangga pandu dan praktek yang lainnya, serta Laboratorium Electrik and Electronic yang di desain sedemikian rupa untuk kegiatan praktek alat dan peralatan yang bersangkutan dengan aplikasi eketronik dan elektrik.

Untuk kegiatan praktek Engine Room Console sendiri di fasilitasi juga di Laboratorium Control and Automation yang digunakan untuk praktek pengoperasian mesin dalam olah gerak kapal dengan menggunakan beberapa sistem control Pneumatic, Hydraulic, dan Electronic.

Tidak kalah penting nya yakni Laboratorium Menjangka Peta dimana laboratorium ini digunakan untuk mendalami keahlian penggunaan peta laut guna keperluan pembelajaran navigasi laut.*

 

Baca : Jadwal Sipencatar Program DIII Pembentukan Mandiri Tahun 2020/2021