Pansus DPRD Kota Tasikmalaya Soroti Berbagai Kegiatan Di Sejumlah Dinas

Kamis, 14 Mei 2020 19:59 Eris Kuswara Parlemen

Pansus DPRD Kota Tasikmalaya Soroti Berbagai Kegiatan Di Sejumlah Dinas

 

Koropak.co.id - DPRD Kota Tasikmalaya menggelar kegiatan Rapat Pembahasan bersama Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya yang dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Rabu (13/5/2020).

Ketua Panitia Khusus (Pansus) LKPJ, H Enjang Bilawini mengatakan, dalam rapat pembahasan kali ini, Pansus membahas sesuai dengan yang ada di bidang ketahanan pangan, pertanian dan perikanan. Tercatat, untuk anggaran yang ada di Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan yaitu lebih dari Rp 30 milyar.

Selain menyoroti akurasi dari perencanaan dan pelaksanaannya, Pansus juga menyoroti hasil dari sebuah kegiatan yang ada di dinas terkait.

"Ada beberapa yang kami soroti, anatara lain tentang kegiatan-kegiatan yang bersifat bantuan untuk kelompok tani," kata Enjang.

Ditambahkan, hal lain yang disorot Pansus yakni mengenai kegiatan yang berhubungan dengan pencetakan Wirausaha Baru (WuB). Dimana DPRD Kota Tasikmalaya memandang masih banyak kegiatan yang terkendala di dinas tersebut dan ini harus segera diperbaiki untuk masa yang akan datang agar bisa menjadi lebih baik.

"Nantinya akan ada beberapa catatan yang akan direkomendasikan kepada dinas terkait sebagai hasil akhir dari Pansus. Sementara itu, untuk ketahanan pangan, meskipun saat ini masih terkendali, tetapi dikarenakan anggarannya terbatas maka ke depan harus ada upaya untuk suatu perubahan demi menjaga ketersediaan pangan," tuturnya.

 

Koropak.co.id - Pansus DPRD Kota Tasikmalaya Soroti Berbagai Kegiatan Di Sejumlah Dinas

 

 

Baca : Realisasi Anggaran Pertanian Dan Perikanan Mencapai 97,34 Persen

 

Ada sebuah harapan besar dari DPRD Kota Tasikmalaya kata dia, dimana untuk Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan ini, memiliki kepala dinas baru. Keberadaannya harus mampu menciptakan langkah-langkah inovatif agar bisa mengelola pangan di Kota Tasikmalaya, tetap stabil.

"Untuk lahan dan infrastruktur pertanian serta perikanan juga ke depannya harus ada inovasi yang bagus dan kreatif dari kepala dinas yang baru ini. Kemudian juga ada sistem yang harus diubah dari tata kelola pertanian, perikanan dan ketahanan pangan itu sendiri. Namun untuk sistemnya harus sesuai dengan apa yang disarankan dan direkomendasikan oleh Walikota, Bappelitbangda maupun DPRD Kota Tasikmalaya," ujarnya.*

 

Baca : Akibata Pandemi Corona Mau Kemana Arah Perekonomian Kota Tasikmalaya?