Di Tengah Covid-19 Justru Penerimaan ZIS di Kabupaten Tasikmalaya Naik

Jum'at, 15 Mei 2020 13:41 D. Farhan Kamil Daerah

Di Tengah Covid-19 Justru Penerimaan ZIS di Kabupaten Tasikmalaya Naik

 

Koropak.co.id - Di tengah-tengah pandemi Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tasikmalaya justru mencatat adanya peningkatan penerimaan ZIS/Zakat, Infaq dan Sedekah (Shodaqoh) yang signifikan, baik bersumber dari ASN di lingkungan Pemkab Tasikmalaya, Kemenag, maupun para agniya.

Peningkatan itu terbaca dari grapik penerimaan ZIS Baznas Kabupaten Tasikmalaya, dimana untuk jangka waktu selama tiga bulan terakhir mulai bulan Maret hingga Mei 2020 saat kebijakan penanganan wabah virus Corona diberlakukan, ZIS yang masuk Baznas mengalami lonjakan.

Berdasarkan data terbaru, penerimaan zakat pada bulan Maret mengalami kenaikan sebesar 40 persen dari bulan sebelumnya. Untuk bulan April naik 14 persen dan hingga pekan kedua bulan Mei ini mengalami kenaikan sebesar 35 persen dari jumlah penerimaan zakat bulan sebelumnya.

Sedangkan untuk penerimaan Infaq dan sedekah, Baznas mencatat kenaikan yang lebih signifikan. Pada bulan Maret 2020 lalu tercatat sebesar 236 persen kenaikan dari bulan sebelumnya. Jumlah prosentase yang sama terjadi pada bulan April. Sedangkan untuk bulan Mei hingga pekan kedua terakhir ini sudah mengalami kenaikan 18 persen.

Ketua Baznas Kabupaten Tasikmalaya, KH. Acep Tohir Fuad membenarkan adanya peningkatan penerimaan ZIS yang dikelola Baznas. Hal ini menunjukan adanya peningkatan kepercayaan para muzaki terhadap Baznas yang erat korelasinya dengan tingginya instensitas Baznas dalam penyaluran ZIS terhadap para mustahik, terutama di tengah-tengah pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah kepercayaan terhadap Baznas menunjukan peningkatan yang luar biasa, seiring dengan tingkat penyaluran ZIS oleh Baznas yang terus meningkat dan lebih mengakar. Bahkan dalam kurun waktu tiga bulan selama penanganan Covid-19 ini, Pemkab Tasikmalaya telah menginstruksikan agar seluruh penerimaan ZIS di unit-unit penerimaan zakat (UPZ) pada lembaga-lembaga pemerintahan (SKPD), sepenuhya diserahkan ke Baznas untuk dikelola dan didistribusikan dalam rangka penanggulangan dampak Covid-19," tutur KH Acep, Kamis (14/5/2020).

 

Koropak.co.id - Di Tengah Covid-19 Justru Penerimaan ZIS di Kabupaten Tasikmalaya Naik

 

 

Baca : Baznas dan Kadin Kabupaten Tasikmalaya Geber Peningkatan Kapasitas Mustahik

 

Menurutnya, Baznas yang bergerak di bidang kemanusiaan terus berupaya menyentuh seluruh lapisan masyarakat sebagai mustahik untuk dibantu sesuai kemampuan, terutama kepada masyarkat terdampak Covid-19 yang belum tersentuh program pemerintah. Seperti guru ngaji yang direkomendasikan UPZ masjid besar kecamatan, para pedagang kecil yang biasa berjualan di lingkungan pendidikan (sekolah), jompo dan lainnya.

"Berkat kesalihan para muzakki baik dikalangan ASN, para pengusaha maupun para agniya, kami terpanggil untuk menyalurkan titipan mereka, benar-benar tetap sasaran. Kami berupaya sekuat tenaga, untuk menjaga keperyaan penuh para muzakki. Dan di bulan Ramadan ini kami utamakan membantu warga yang mengalami musibah terdampak wabah Covid-19," ujarnya.*

 

Baca : Baznas Kabupaten Tasikmalaya Salurkan Bantuan Bagi Pedagang Kecil dan Penyandang Disabilitas

 


Berita Terkait