Pemkab Tasikmalaya Lakukan Rapid Tes Massal Jelang Akhir PSBB

Selasa, 19 Mei 2020 02:44 D. Farhan Kamil Daerah

Pemkab Tasikmalaya Lakukan Rapid Tes Massal Jelang Akhir PSBB

 

Koropak.co.id - Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan rapid tes secara massal, untuk beberapa hari ke depan dimulai Senin (18/5/2020). Pelaksanaan rapid tes tersebut untuk mengukur sejauh mana dampak pemberlakuan PSBB terhadap upaya pemutusan mata rantai penyebaran wabah Covid-19.

Juru bicara GTP2 Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya, dr. Heru Suharto mengatakan, hari ini pelaksanaan rapid tes dilakukan di lima titik yakni di Puskesmas Singaparna, Cikatomas, Bantarkalong, Manonjaya dan Ciawi.

"Kami sudah menyiapkan sebanyak 2.000 alat rapid tes. Hari ini kita mulai pemeriksaan di Puskesmas Singaparna dengan mengambil sampel 10 orang dari petugas puskesmas dan warga sekitar puskesmas. Kita akan lakukan tes ini secara bertahap," kata Heru.

 

Baca : Bupati-tasikmalaya-gandeng-dmi-intensifkan-sosialisasi-psbb


Dalam pelaksanaan rapid tes massal ini tambah Heru, hanya digelar di wilayah yang memiliki populasi tinggi, kemudian tingkat mobilitas dan aktivitas masyarakatnya tinggi.

Adapun terang Heru, dari 10 sampel yang diperiksa, semua menunjukan hasil negatif. "kita akan tahu tingkat penyebaran wabah virus corona saat ini seperti apa, ya salah satunya melalui aksi rapid tes ini," ujar Heru.*

 

Baca : Kemenag Kabupaten Tasikmalaya Peduli Dampak Peduli Covid-19