Warga Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya Akhirnya Bisa Pulang Kampung  

Rabu, 20 Mei 2020 04:46 D. Farhan Kamil Daerah

Warga Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya Akhirnya Bisa Pulang Kampung   

 


Koropak.co.id - Setelah 44 hari dirawat di ruang isolasi Uhud RSUD Singaparna Medika Citrautama (SMC) Kabupaten Tasikmalaya, satu dari dua orang pasien positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab, akhirnya bisa menghirup udara lepas di alam bebas, setelah dinyatakan sembuh total.

Pasien pertama yang telah menjalani perawatan inipun, akhirnya di pulangkan pihak rumah sakit.

Didampingi sejumlah perawat, pasien bernama Iman (44) warga Desa Sukahaja Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya ini, berjalan tegak meninggalkan areal rumah sakit dengan menenteng biskuit kemasan kaleng berbalut pita berbentuk bunga, bingkisan dari tim medis yang selama ini berjuang telaten mengawal setiap perkembangan kesehatan pasien.

Dengan disaksikan Direktur dan jajaran manajemen RSUD SMC, tenaga medis serta Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya dan aparat keamanan baik TNI maupun Polri, prosesi kepulangan pasien ini berlangsung khidmat dan diwarnai suka cita. Mereka satu per satu menyampaikan selamat kepada Iman.

"Ini merupakan pasien pertama positif Covid-19 yang sejak 6 April sampai 19 Mei ini menjalani isolasi di RSUD SMC. Pasien dinyatakan sembuh setelah melewati serangkaian pemeriksaan PCR berturut-turut selama 4 kali dengan hasil negarif," kata Direktur RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya, dr. H. Iman Firmansyah, Selasa (19/5/2020).

 

 

Koropak.co.id - Warga Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya Akhirnya Bisa Pulang Kampung

 

Baca : Pasien Sembuh Diyakini Tidak Menjadi Subjek Penular Covid-19

 

Disebutkan, sesuai protap dari Kemenkes, pasien covid-19 baru bisa dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang apabila sudah melakukan dua kali tes PCR dengan berturut-turut negatif selama 14 hari. "Untuk keyakinan, pada pasien justru kita lakukan empat kali tes PCR dan hasilnya negatif semua,“ tambah Iman.

Meskipun dinyatakan sudah sembuh total, pihak rumah sakit memastikan, jika Iman ini harus tetap di rumah termasuk lebaran di rumah saja. Menjaga kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan rutin mencuci tangan.

Sementara itu, Iwan mengaku bahagia dan bersyukur setelah pihak rumah sakit menyatakan dirinya sembuh dan diperbolehkan pulang.

"Alhamdulillah saya sudah dinyatakan sembuh oleh pihak rumah sakit dan diperbolehkan pulang," tutur Iman.

Ia bercerita, selama diisolasi dan dirawat, dirinya selalu mengisi waktu dengan hal positif seperti ibadah dan berolahraga, bahkan kerap ia main tiktok bersama perawat untuk mengusir jenuh dan menghindari stres.

"Hindari stres selama perawatan agar imun tubuh tetap bertahan melawan virus berbahaya," ucapnya, sembari menegaskan, dirinya sangat berterima kasih kepada para perawat hebat di SMC yang selama ini intensif merawat dirinya, yang nampak tak mengenal lelah," ujarnya.*

 

Baca : Bangkitkan Optimisme Masyarakat,  Pasien Covid-19 Bisa Sembuh


Berita Terkait