Lagi, RSUD SMC Lepas Kepulangan Pasien Kedua Sembuh Dari Covid-19

Jum'at, 22 Mei 2020 23:39 D. Farhan Kamil Daerah

Lagi, RSUD SMC Lepas Kepulangan Pasien Kedua Sembuh Dari Covid-19

 

Koropak.co.id - Selang tiga hari setelah salah seorang pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh dan diizinkan pulang, RSUD Singaparna Medika Citrautama (SMC) Kabupaten Tasikmalaya kembali mengizinkan seorang pasien terkonfirmasi positif Covid-19 pulang ke rumah, setelah dinyatakan sembuh, Jumat (22/5/2020).

Ia adalah Asep A Sidik warga Desa Karangmukti Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya, yang merupakan perawat relawan Covid-19 asal Kabupaten Tasikmalaya di RSPI dr Sulianti Saroso Jakarta, yang sempat positif Covid-19 melalui PCR.

Asep dirawat di ruang isolasi Uhud RSUD SMC sejak 6 hingga 22 Mei 2020 setelah dinyatakan positif Covid-19 pada tanggal 4 Mei 2020 lalu melalui PCR di RSPI dr Sulianti Saroso.

Kepulangan Asep ini pun langsung dilepas Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto disaksikan Kapolsek dan Danramil Salawu serta Camat dan Kepala Puskesmas Salawu termasuk relawan Sigesit 119.

"Alhamdulillah hari ini, kami kembali melepas pasien kedua yang sembuh dari virus corona setelah mendapat perawatan intensif di ruang isolasi khusus," kata Direktur RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya, dr. Iman Firmansyah.

Dijelaskan, paseien ini diperbolehkan pulang setelah dua kali negatif PCR yang dilakukan pada tanggal 14 Mei dan 22 Mei 2020. "Berdasarkan aturan atau prosedur dan protap Kemenkes RI, jika sudah dilakukan dua kali PCR dengan hasil negatif, maka dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang," ujar Iman.

Ditambahkan, meskipun sudah dinyatakan sembuh, namun relawan ini tetap harus menjalankan protokol kesehatan serta melaksanakan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari.

 

Koropak.co.id - Lagi, RSUD SMC Lepas Kepulangan Pasien Kedua Sembuh Dari Covid-19

 

Baca : Pasien Positif Covid-19 Sujud Syukur Menghirup Oksigen Kebebasan

 

Sementara itu Bupati Tasikmalaya mengucapkan syukur Alhamdulillah, karena sudah dua pasien positif Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya sembuh usai menjalani perawatan nedis di RSUD SMC.

"Kita patut bersyukur atas pertolongan Allah SWT, di tengah-tengah keutamaan bulan suci Ramadan ini, berkat kinerja para petugas medis yang telaten merawat pasien, mampu mengawal kesembuhan pasien hingga negatif Covid-19", kata Ade.

Salah satu faktor pendukung percepatan kesembuhan pasien positif Covid-19 dan bisa dipulangkan dengan cepat, karena RSUD SMC ini, kini sudah memiliki laboratorium TCM (tes cepat molekuler) yang bisa dengan cepat dan akurat mendeteksi pasien Positif atau negatif Covid-19, hanya dalam waktu 45 menit.

Artinya, para petugas kesehatan di SMC ini, dapat dengan cepat mengatur langkah atau upaya-upaya percepatan tindakan medis secara klinis demi kesembuhan pasien.

"Sekali lagi saya bersyukur dan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam upaya penyembuhan pasien atas nama Asep A Sidik. Ia perawat relawan Covid-19 asal Kabupaten Tasikmalaya di rumah sakit Jakarta. Ini patut kita apresiasi, karena ia juga pejuang," tutur Ade.*

 

Baca : Kini RSUD SMC Hanya Butuh 45 Menit Untuk Tentukan Positif Covid-19