Polres Tasikmalaya Musnahkan Ribuan Miras Kemasan Botol

Sabtu, 23 Mei 2020 21:51 D. Farhan Kamil Daerah

Polres Tasikmalaya Musnahkan Ribuan Miras Kemasan Botol

 

 

Koropak.co.id - Sedikitnya, 2.000 botol miras pabrikan berbagai merk dan jenis, dimusnahkan denngan cara digilas stoom walls, di lapangan Mapolres Tasikmalaya, Sabtu (23/5/2020).

Pemusnahan barang bukti hasil operasi penyakit masyarakat (pekat) ini, dipimpin langsung oleh Kapolres Tasikmalaya, AKBP Hendria Lesmana S.IK bersama TNI, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya, MUI, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat Kabupaten Tasikmalaya.

"Sebanyak 2.006 botol miras pabrikan berbagai merek hasil razia selama bulan Ramadan ini, dan ratusan liter miras tradisional berbagai jenis, hari ini kita musnahkan. Ini dalam rangka operasi ketupat lodaya 2020 jelang malam takbiran idulfitri 1441 hijriah," kata Hendria.

Ditambahkan, selain miras, ada sebanyak 3.500 petasan berbagai jenis, puluhan alkohol murni dan berbagai merek obat batuk, hasil razia selama Ramadan, juga ikut dimusnahkan.

"Kita semua sepakat, bahwa Tasikmalaya ini harus bebas miras, terlebih di bulan suci Ramadan. Aksi pemusnahan ini sebagai wujud kesepakatan bersama Polisi, pemerintah, alim ulama dalam menekan angka penyakit masyarakat," tuturnya.

Selain upaya preventif yang selama ini dilakukan oleh aparat penegak hukum (APH), tokoh agama, tokoh masyarakat dan alim ulama, juga ikut menyosialisasikan tentang bahaya miras melalui pendekatan agama.

Ditambahkan, selama pelaksanaan operasi pekat tahun 2020 ini, ada sekitar 20 pedagang miras yang telah dijatuhi sanksi tipiring (tindak pidana ringan). "Mudah-mudahan berefek," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Polres Tasikmalaya Musnahkan Ribuan Miras Kemasan Botol


Baca : Berniat Mendatangi Paranormal Galunggung Malah Dibekuk Polisi


Sementara itu salah seorang perrwakilan tokoh agama Kabupaten Tasikmalaya, agama KH. Atam Rustam berharap, operasi pekat bisa dilakukan setiap malam, alias tidak hanya menjelang bulan Ramadan hingga malam takbiran saja. Hal ini supaya berdampak pada berkurangnya miras yang kerap dipakai untuk berfoya-foya, yang kemudian memicu kejahatan lainnya," terang Atam.

Masifnya pemberantasan miras kata dia, akan menyelamatkan generasi muda. “Alhamdulillah kami sangat mengapresiasi kinerja Kepolisian. Dengan pemusnahan ribuan botol miras ini merupakan aksi aparat untuk nahi munkar," ujarnya.*

 

Baca : Hindari Penyebaran Covid-19 Polres Tasikmalaya Bubarkan Orang Berkerumun